Dengan Disahkannya APBDes Tahun 2018, Sambirembe Siap Membangun Desa


Magetan, Arya Media – Dalam rangka mewujudkan pengolahan Dana Desa (DD) yang transparan, akuntable, partisipatif, tertib dan disiplin sesuai dengan peraturan, maka Pemerintah Desa (Pemdes) wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM desa) sebagai dokumen perencanaan di Desa.

Setelah RKPDes disepakati, maka perlu adanya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Dan hari ini Desa Sambirembe mengadakan Musdes pengesahan APBDes Tahun 2018 yang dilaksanakan di Balai Desa, Senin (22/01/2018).

Musyawarah Desa (Musdes) ini dihadiri oleh Forkopimca Karangrejo diantaranya, Camat Karangrejo Rudy Harsono, S. Sos, Danramil 0804/07 Kapten Inf Arif. W, Kapolsek Karangrejo AKP Ruwajianto, SH, Kepala Desa Sambirembe Eko Sanotoso, ST beserta perangkat, Babinsa Serma Hariyanto Basuki, Babinkamtibmas Bripka Eki, Ketua BPD, LPM , Ketua Rt/Rw dan tokoh masyarakat Desa Sambirembe sekitar 60 orang.

Baca Juga :  Ekonomi Kerakyatan Meningkat, Pemkab Magetan Raih BUMD Award 2019

Eko. Santoso, selaku Kepala Desa menyampaikan, untuk Tim Pelaksana (Timlak) dalam menjalankan Program satu tahun kedepan, akan melibatkan LPM dan Pemuda yang mampu dalam menjalankanya. Dia menegaskan Timlak yang bekerja harus betul-betul tranpanran, tidak ada temuan temuan permasalahan di kemudian hari, dan diwajibkan untuk membuat laporan yang sesusi dengan kondisi dilapangan.

“Kepada masyarakat desa Sambirembe, APBDes yang cukup besar ini mari kita awasi bersama sama, bukan tanggung jawab BPD maupun Muspika saja. Sehinggga Dana yang besar ini bisa sesuai penggunaanya dan tepat sasaran, demi kesejahteraan masyarakat”, ungkap Eko.

Kemudian dilanjukan paparan secara rinci dan transparan sesuai kebutuhan anggaran kegiatan desa yang dibagi menjadi 4 (empat bidang) diantaranya :

Baca Juga :  Antisipasi Bencana, BPBD Magetan Terima SK Bupati ‘Status Siaga Darurat Bencana’

1. Bidang Pemerintahan .
2. Bidang Pembangunan.
3. Bidang pembinaan Masyarakat.
4. Bidang Pemberdayaan Masyarakat ;

Camat Karangrejo dalam sambutannya menyampaikan, Proses penetapan tahun ini beda sekali dgn tahun sebelumnya, karena pelaksanaan penetapan APBDes agak terlambat dan banyak yang harus dievaluasi ulang, karena dokumen ini sangat penting untuk pelaporan pertanggung jawaban pada Pemerintah Kabupaten Magetan. Sebelum pelaksanaan penetapan ini, Desa Sambirembe juga telah melalui Musyawarah Rencana Desa Tahun 2018, RKPDes, RAPBDes. Dan akhiirnya hari ini RAPBDes sudah disahkan menjadi Perdes tentang APBDes 2018.

“Dalam bekerja bersinergilah degan semua elemen masyarakat dan pihak TNI dan Polri, karena saat ini Polri telah ada kesepakatan dengan pemerintah pusat, ikut dalam pengawasan terkait anggaran APBDes. Apabila dalam berjalanannya waktu rencana anggaran APBDes ini ada perubahan maka koordinasikan dengan ketua BPD untuk diadakan pembetulan”, tutur Camat.

Baca Juga :  Bupati Magetan Bantu Warga Terdampak Covid-19, Warga Terisolasi : Jangan Jauhi Kami...!!!

Danramil 0804/07 Karangrejo, Kapten Inf Arif W, juga berpesan kepada seluruh masyarakat Desa Sambirembe, untuk ikut mengawasi, Dana Desa (DD) dalam pembangunan satu tahun kedepan, tentunya untuk kesejahteraan masyarakatnya, agar sesuai dan tepat sasaran.

“Kita semua wajib ikut mengawasinya, mudah mudahan di Desa Sambirembe akan semakin tertib administrasi, dan anggarannya, sehingga terhindar dari upaya penyelewengan”, ucap Danramil.

Semoga dengan disahkan APBDes ini, program program yang telah di rencanakan dapat berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan”, tutupnya. (R-07/redk)

 1,036 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!