Desa Patihan Kedatangan Tim Verifikasi PHBS Ikuti Lomba Desa Sehat


ARYA-Media, Magetan – Tim verifikasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan, lakukan kunjungan lapangan Desa Sehat di Desa Patihan, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Selasa (23/10/2018).

Kegiatan ini dilakukan sebagai penilaian lomba verifikasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dengan kreteria penilaian meliputi pelayanan Posyandu, ibu bersalin ditolong oleh tenaga Kesehatan, ibu memberi Asi Eksklusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan jamban dan membrantas jentik nyamuk dan larangan merokok dari desa Adat.

Baca Juga :  HUT ke-2 Yayasan Wira Daksa Utama Magetan, “Indonesia Inklusi Disabilitas Unggul”

“Ada sepuluh indikator yang menjadi tatanan penilaian. Kami yakin jika sepuluh indikator ini sudah diterapkan makan akan tumbuh masyarakat dengan keluarga yang sehat,” ujar Sapto, Plt. Subag umum dan kepegawaian (23/10).

Lomba “Desa Sehat” terdapat program PHBS dengan 10 indikator, dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ada 5 pilar. Seperti jumantik untuk mencegah DB dan program kesehatan lainnya”, katanya kepada Arya-Media.

Da’im Wartoyo, Kepala Desa Patihan Beserta Istri.

Untuk Kabupaten magetan lanjut Sapto, Ada 22 Desa yang akan dilakukan penilaian oleh tim verifikasi dalam lomba Desa Sehat se-Kabupaten Magetan”, imbuhnya.

Baca Juga :  Program PTSL Desa Gerih, Mencapai Tahap Pengukuran Tanah Warga

Menurut keterangan Da’im Wartoyo selaku Kepala Desa (Kades) Patihan, Kecamatan Karangrejo, Magetan mengatakan, sebelumnya Desa Patihan telah mendapatkan juara untuk PKK pada tahun 2017, sehingga tim kader PKK mengajukan kembali untuk mengikuti lomba Desa Sehat tahun 2018 ke tingkat Kabupaten yang mewakili Kecamatan Karangrejo. “yang dilombakan adalah jumantik, kebersihan lingkungan, administrasi kesehatan atau desa siaga, kampung KB dan lainnya”, ungkap Kades Patihan.

Baca Juga :  Crash Bus Dengan Motor Di Km 05-06 Ngawi, Menyebabkan 1 Nyawa Melayang

“Harapannya, demi mewujudkan masyarakat Desa Sehat diperlukan lingkungan yang bersih dan keluarga yang sehat, sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyrakat baik balita, dewasa, maupun lansia”, pungkasnya.

Diketahui, selain tim penilaian dari Dinkes Kab. Magetan, dibantu oleh Kasi Penyehatan Lingkungan Sehat, Kasi Olah Raga, dan Kasi Pronkes serta dihadiri oleh Muspika Kecamatan Karangrejo. (ren)

 2,014 total views,  10 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!