Desa Pelem Berniat Sulap Sungai Menjadi Destinasi Wisata


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam rangka menciptakan Destinasi Wisata, Pemerintah Desa (Pemdes) Pelem, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, memanfaatkan sungai yang ada di wilayahnya, untuk dijadikan Desa Wisata.

Pemanfaatan sungai sebagai destinasi wisata, dilakukan Desa Pelem dengan merubah nuansa sungai (kali) menjadi warna-warni. Berbekal swadaya masyarakat, sungai yang semula biasa menjadi luar biasa, berbalut cat berwarna, sudah menjadikan sungai tampak bersih nan indah.

Baca Juga :  Penyebar “Hoax” di Tulungagung Ditangkap Polisi

Menurut keterangan Kepala Desa (Kades) Pelem Eko Didik Handoko SH mengatakan kepada Arya-Media, inovasi sungai menjadikan destinasi wisata merupakan inspirasi dari warga beserta perangkat desa dan anggota BPD. Hal itu membuat Kades Pelem ikut mendukung usulan tersebut.

“Ini merupakan usulan dari warga, dengan merubah sungai menjadikan warna-warni”, kata Kades.

Eko Didik Handoko SH, Kepala Desa Pelem, Kecamatan Karangrejo, Magetan.

Menurutnya, perubahan sungai menjdai destinasi wisata Desa, dilakukan secara swadaya masyarakat. Kades juga mengaku, rencananya akan dikembangkan untuk dijadikan BUMDesa “Pengerjaan selama ini dilakukan secara swadaya mas, rencanya akan saya kembangkan untuk BUMDesa”, ungkap Didik kepada Arya-Media, Jumat (30/11/2018).

Baca Juga :  Ajak Para Peternak Budidayakan Sapi Perah, Pemkab Magetan Berjanji Akan Gandeng Pihak Nestle Langsung

Lanjut Didik, wisata Desa tersebut rencananya akan dicarikan donatur untuk mengembangkan sungai menjadi destinasi wisata. Dan ia menginginkan dalam waktu dekat akan di isi ikan untuk dijadikan kolam pemancingan. “Nanti, tahun depan kita akan musyawarahkan untuk dianggarkan dari DD. Sementara ini, sebagian donatur masih dari swadaya Desa, yaitu lingkungan Rt.07 dan Rw.02”, jelasnya.

Baca Juga :  Pembinaan Mental Turut Menjadi Perhatian dalam TMMD

“Untuk saat ini, sungai tersebut sudah ditebar bibit lele dan nila, rencannya akan saya buat juga kolam pemancingan”, pungkasnya. (ren)

 3,656 total views,  10 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!