Desa Tangguh Bencana Dibentuk BPBD Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, menyelenggarakan pelatihan dan pembentukan Desa Tangguh Bencana, bertempat di Balai Desa Ngelang Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan, Senin (24/2/2020).

Pembentukan Desa Tangguh Bencana tersebut, bertujuan untuk membentuk kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana yang terjadi di daerahnya. Sehingga, masyarakat akan lebih siap dan lebih tangguh dalam menghadapi bencana bila sewaktu waktu datang.

“Dengan adanya kegiatan ini bertujuan supaya Desa Ngelang bisa menjadi desa tangguh bencana, yang mana nantinya masyarkat Desa Ngelang lebih siap dan lebih tangguh dalam menghadapi bencana banjir bila sewaktu waktu dating,” kata Ari Budi, Kalaksa BPBD Kabupaten Magetan, Senin (24/2).

Ari Budi menjelaskan, ssaat ini, BPBD Provinsi Jawa Timur, sedang gencar mengadakan pembentukan Desa Tangguh Bencana yang berada di 10 (Sepuluh) Kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Magetan.

“Kepada masyarakat desa yang ditunjuk, agar menyampaikan kepada masyarakat lainnya apa bila ada kejadian banjir. Sehingga, masyarakat Desa Ngelang bisa mengatasi bencana banjir secara mandiri,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ngelang, Yudi mengucapkan terima kasih kepada BPBD Kabupaten Magetan. Karena Desa Ngelang merupakan desa yang menjadi langganan banjir pada saat musim penghujan, maka pelatihan akan berguan bagi masyarakat dalam mengahadapi bencan kebanjiran.

“Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Desa Ngelang. Dengan pengetahuan dalam menangani banjir, masyarakat Desa Ngelang bisa langsung sigap kalau sewaktu waktu banjir dating,” jelasnya.

Dketahui bahwa, Pelatihan Desa Tangguh Bencana di Balai Desa Ngelang Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan, dimulai pukul 09.00 s/d 10.10 WIB. Hadir dalam acara tersebut, Ari Budi A, Kalaksa BPBD Kab. Magetan, Bandi selaku Staf BPBD Jatim, Danramil Barat Kapt Inf Kiswanto, Kapolsek Kartoharjo AKP Sini, Kasi Pemerintahan Kec. Kartoharjo, Kades Ngelang dan 60 0rang masyarakat Desa Ngelang. (Ren)

 1,205 total views,  17 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!