UA-163642268-1

Deteksi Dini Risiko Penyakit Tidak Menular, Diskes Magetan Gencarkan ‘Skrining’


ARYA-MEDIA, Magetan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan, menggencarkan skrining faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM). Dengan memanfaatkan momen Car Free Day di Kodim 0804/Magetan, petugas kesehatan Magetan melakukan skrining kepada seluruh personil TNI, Selasa (16/7/2019).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kabupaten Magetan, Didik Setyo Margono, S. Sos M. Mkes mengatakan, Ada sekitar 115 orang yang diperiksa, terdiri 100 laki-laki dan 15 perempuan. “Dari jumlah yang di skrining, terdapat 13 orang terdeteksi Fasyankes, tekanan darah tinggi, GDS dan kolesterol tinggi,” katanya.

Didik mengemukakan, dari semua yang sudah skrining merasa bahwa dirinya sehat-sehat saja, karena setelah di skrining baru mengetahui kalau ternyata sakit. “Kondisi seperti ini memang banyak ditemukan, sehingga terkadang kalau ada gejala yang dirasakan baru memeriksakan diri,” terangnya kepada Arya Media, (16/7).

Baca Juga :  Warung Tepo Di Desa Baron Magetan, Ludes Dilalap Si Jago Merah

Lebih lanjut Kabid P2P Dinkes Kab. Magetan menjelaskan, Penyakit Tidak Menular (PTM) dikatakan sebagai silent killer, karena rata-rata orang tidak mengetahui jika dirinya sakit, setelah pemeriksaan baru diketahui penyakitnya, seperti mengalami hipertensi, DM, dan lainnya.

“Maka dari itu, dihimbau kepada masyarakat untuk menurunkan prevalensi jumlah penyakit tidak menular agar melakukan deteksi dini (skrining) lebih awal, meskipun tanpa gejala. Tujuananya adalah untuk mencegah PTM sehingga dapat dilakukan intervensi lanjutan saat terdeteksi,” jelas Didik.

Baca Juga :  Bupati Saiful Ilah Lantik 6 Pejabat Di Pendopo Delta Wibawa

Sebagai informasi, skrining dapat dilakukan di Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) PTM yang ada pada setiap kelurahan di Magetan. Jadwal pelaksanaannya, rutin dilakukan dan dijadwalkan oleh wilayah kerja Puskesmas setempat.

“Jangan nanti ada gejala baru mau berobat. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ayoo cegah PTM dengan datang ke Posbindu,” pintanya. (tsr/redk)

 1,700 total views,  6 views today

Baca Juga :  Dinilai Ceroboh, Dewan Bakal Kawal Ketat Kasus 21 Ijazah SDN Unggulan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!