Diduga Asal-Asalan, Proyek Peningkatan Jalan Beton Muneng – Kenongorejo Jadi Sorotan


ARYA-MEDIA | Madiun – Proyek pengerjaan peningkatan jalan beton Muneng- Kenongorejo Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun menjadi sorotan banyak pihak. Pasalnya, proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) P – APBD Kabupaten Madiun Tahun 2020, senilai Rp.2.059.162.000 tersebut, diduga melenceng dari Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Pengerjaan peningkatan jalan tersebut, dikerjakan dan dikomandoi oleh CV Hidayah, yang beralamat di Desa Golan, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun. Kamis (19/11/2020).

Dari pantauan wartawan di lokasi, pembangunan Jalan Rabat Beton yang berkelanjutan di Desa Muneng – Kenongorejo tersebut dinilai kurang memenuhi standart mutu bangunan. Karena dalam pembangunannya diduga tidak sesuai dengan Spesifikasi RAB, sehingga diperkirakan bangunan tidak akan bertahan lama.

Baca Juga :  PTSL Di Kabupaten Madiun Mayoritas Bertarif 400 Ribu Sesuai Kesepakatan

Saat konfirmasi dengan Pengawas dari PUPR kab Madiun Wahyu Jatmiko, “itu pernah saya ingatkan tentang hal itu”, tegasnya.

Sementara, setelah dilakukan pendekatan dengan metodologi teknis, ditemukan beberapa kesalahan mulai dari pemadatan lantai dasar yang banyak ditemukan batu – batu agak besar, dikarenakan tidak memakai Beby Roler ataupun Vibro. Sedangkan untuk perakitan perancangan besi dinilai juga asal – asalan, kemudian jarak perancangan pembesian ditemuakan jarak 27 cm, dan untuk ketebalan rabat beton yang seharusnya 20 cm, di situ ditemukan hanya 19 cm.

Baca Juga :  "Bersih Desa" Kelurahan Karangrejo, Menggelar Langen Beksan

Dengan banyaknya temuan penyimpangan teknis pengerjaan, maka dari itu pembangunan jalan rabat beton yang kondisinya saat ini hampir mencapai 50 persen, diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Saat dikonfirmasi kepada Direktur Kontraktor CV HIDAYAH, Katimin, melalui sambungan telpon, pihak kontraktor justru beritikad tidak baik, dengan cara membenturkan awak media dengan mendatangkan anggota Polsek Pilangkenceng yang datang  memakai mobil patroli. 

“Kita mau konfirmasi dengan pengelola CV nya, malah kita dibenturkan dengan pihak Polsek Pilangkenceng oleh Direktur CV Hidayah,” terang Bagus salah satu awak media, Kamis (19/11).

Baca Juga :  Posko TMMD 102 Dapat Kehormatan Dikunjungi Tokoh Agama

Saat dikonfirmasi Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga PUPR Kabupaten Madiun, Anang Tri Widodo, di ruang kerjanya, terkait pekerjaan jalan rabat beton Muneng – Kenongorejo, mengatakan dirinya akan melakukan pembinaan kepada kontraktor dengan adanya temuan teknis dalam pengerjaan proyek tersebut. “Kami akan cek lapangan dan melakukan pembinaan pada kontraktor,” tegas Anang.

Selain itu, Kabid Bina Marga PUPR Kabupaten Madiun juga mengucapkan terima kasih kepada rekan media yang sudah melakukan tugas jurnalistik sebagai kontrol sosial. “Terima kasih banyak atas informasinya,” pungkasnya. (ING/Tim)

 1,063 total views,  13 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!