Dinas PUPR Bidang SDA Lakukan Pemeliharaan Rutin Optimàlkan Fungsi Irigasi


ARYA MEDIA, Magetan – Usaha pemeliharaan rutin yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, khususnya bidang Sumber Daya Air (SDA) terus gencar dilakukan. Semua itu bentuk dari tanggung jawab pihak PU bagian SDA demi mengantisipasi dan memelihara semua jenis bangunan yang berkaitan dengan air berjalan lancar.

Kegiatan rutin pemeliharaan jaringan irigasi juga digiatkan, dalam rangka mempertahankan kondisi jaringan irigasi, agar tetap mampu memberikan layanan irigasi terutama pada petani yang mengusahakan sawahnya agar selalu bisa tertanami

Baca Juga :  Dandim 0820 Lepaskan Gerak Jalan Dalam Rangka HKN

Target lokasi kegiatan pemeliharaan rutin yang dilakukan oleh PUPR terbagi menjadi 5 wilayah Koordinator Pengelola SDA, antara lain di wilayah Bringin, Gandong, Gonggang, Jejeruk dan Taji, serta Purwodadi. Semua wilayah tersebut akan dilakukan pemeliharaan rutin, mulai dari bangunan pengambilan sampai dengan saluran pembawa.

Saat ditemui wartawan ARYA MEDIA, Yuli Karyawan Iswahyudi, ST, selaku Kepala Bidang SDA mengatakan, banyak hal yang harus dilakukan dalam memelihara irigasi, mulai dari segi bangunan, saluran, pengendapan (sedimentasi), sampai dengan semak dan rumput tak luput menjadi pantauannya. Semua itu membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang rutin dilakukan, agar bangunan air yang ada selalu berfungsi dengan baik serta air yang ada di saluran tetap lancar.

Baca Juga :  Kebut Pembangunan Desa, Jadi Prioritas Kades Keras Kulon Sebelum Purna Jabatan

“Kegiatan tersebut meliputi pembersihan saluran dari sedimentasi lumpur, babat rumput dan semak semak di sepanjang saluran, sampai pengecatan dan pemberian oli pintu-pintu air juga kita lakukan mas”, ucap Yuli pada Arya-Media.

Lanjutnya, meskipun dari Dinas PUPR sendiri mempunyai tenaga lapangan untuk pemeliharaan, namun kedepannya tetap diharapkan kepedulian dari masyarakat petani, khususnya GHIPPA dalam rangka partisipasi dari pemeliharaan saluran irigasi utama. sehingga manfaat yang akan didapatkan petani sendiri jg lebih optimal, karena ada sharing partisipasi penanganan dari pihak perkumpulan petani dengan Pemerintah.

Baca Juga :  Rugikan Pelanggan, Ratusan Pipa PDAM Rusak Akibat Galian Proyek

“Selain dari Dinas PU, kami juga mengharapkan partisipasi dari para petani, agar saling membantu memelihara saluran irigasi, sehingga manfaat yang diperoleh para petani bisa maksimal”, tutupnya. (Adv/redk)

 2,915 total views,  20 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!