Dinas Sosial Magetan Salurkan BPNT Lebih Dari 26 Ribu KPM


Sucipto, S.H, M.Hum, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan.

ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Melalui Dinas Sosial, laksanakan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pemerintah pusat di Magetan. Bersama Bank BNI cabang Magetan, mulai melakukan penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Plt. Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Sucipto, SH, M.Hum menjelaskan, bahwa di kabupaten Magetan terdapat 26.890 KPM untuk program BPNT tersebut. BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah kepada KPM untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan kebutuhan akan pangan yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.

“Program BPNT itu, adalah bantuan pangan non tunai kepada KPM dengan menerima sejumlah uang yang dilewatkan melalui Bank BNI, akan tetapi penyalurannya melalui warung yang di tunjuk oleh Desa untuk ditukarkan barang sembako seperti beras dan telur”, kata Sucipto, Jumat (17/11/2018)

Baca Juga :  Banjir Datang Lagi, Warga Desa Alasmalang Dihantui Kekawatiran

Sucipto juga mengatakan, alokasi penerimaan Bantuan Sosial (Bansos) Rastra mulai bulan Oktober 2018 dialihkan menggunakan sistem BPNT melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Perubahan mekanisme penyaluran Bansos dari tunai menjadi non tunai merupakan arahan langsung dari Presiden RI.

“Bagi KPM tersebut, akan menerima transfer uang yang dimasukkan ke Kartu KKS setiap bulannya. Uang yang diterima per bulan tersebut sebesar Rp 110 ribu,” jelas Sucipto.

Baca Juga :  Polemik Pupuk Subsidi : Sudah Kroscek Data, Petani Masih Ngotot Tempuh Jalur Hukum

Lanjutnya Sucipto, BPNT tersebut tidak dapat diuangkan, akan tetapi ditukarkan dengan barang. Dan ini diperlukan pengawasan bersama agar e-warung yang ditunjuk dapat menyajikan sembako seperti beras dengan kualitas yang bagus.

“Transfer uang dari pusat ini tidak bisa diuangkan, ini yang perlu kita awasi bersama, agar toko yang ditunjuk menjual beras dengan kualitas yang baik,” pungkas Sucipto. (redk)

 2,004 total views,  10 views today

Baca Juga :  Ajang Budaya Tradisi Karapan Sapi Rebutkan Piala Bromocyber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!