Diserbu Warga, Panorama Kecamatan Barat Dengan RTH “Taman Pancasila”


ARYA-MEDIA, Magetan – Pembangunan Sarana dan Prasarana (Sarpras) di wilayah Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Jawa timur, mulai terus berkembang. Selain jalan yang sudah lebar dengan pemanis trotoar, munculnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) bernama “Taman Pancasila”, membuat suasana di Kelurahan Tebon Kecamatan Barat berubah menjadi menarik dan apik.

Dari pantauan Arya Media di lokasi, sejak adanya Taman Pancasila ini, banyak orang yang datang berkunjung pada sore hari. Selain untuk jalan-jalan dan tempat bermain anak-anak, taman tersebut sangat cocok untuk refreshing dalam menghilangkan penat dan lelah setelah beraktifitas.

“Semenjak ada Taman Pancasila, setiap hari taman itu penuh dengan pengunjung, apalagi pada hari Sabtu dan Minggu. Taman ini, sangat bermanfaat sekali, selain dapat hiburan gratis, juga berdampak pada perekonomian warga sekitar yang berdagang di lokasi taman,” kata Bayu Prasetyo Kepala Kelurahan (Lurah) Tebon, Jum’at (13/03/2020).

Selain Sarana RTH Taman Pancasila, Kelurahan tersebut berencana akan membangun sarana-sarana lainnya, sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam meningkatkan pembangunan insfrastruktur di wilayah Kelurahan Tebon, Kecamatan Barat.

“Semua itu berkat dukungan dari Bapak Camat Barat yang telah berinovasi dengan membuat Taman Pancasila sebagai ruang terbuka hijau. Dan kami akan terus berusaha untuk membuat sarana-sarana lainnya, agar wilayah Kecamatan Barat menjadi wilayah ramai layaknya seperti kota,” ungkap Bayu.

Terpisah, Kepala Kecamatan Yok Sujarwaji membenarkan hal tersebut, bahwa tujuan utama dari pembangunan Taman Pancasila ialah sebagai penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH). “Gagasan ini, sebenarnya sudah lama, namun baru tahun ini terealisasi di wilayah Kecamatan Barat,” ujarnya kepada Arya Media, Jumat (13/03).

Dijelaskan Yok, proses pembangunan RTH Taman Pancasila tersebut, membutuhkan waktu tiga tahun karena pembangunannya dilakukan bertahap dibawah naungan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Magetan. “Kalo usulannya, sejak RTH masih dibidangi oleh DLH. Saat itu, lahan tersebut bekas pasar patok hewan yang sudah tidak berfungsi, hingga akhirnya baru direalisasikan untuk dibuat taman yang dimulai tahun 2017 sampai dengan 2019 lalu. Alhamdulillah, sekarang sudah bisa dirasakan dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat sekitar,” jelasnya.

Menurutnya, penataan taman yang baik dapat meningkatkan ekonomi pedagang dan pengrajin kecil, terciptanya ruang terbuka hijau, dan menjadi alternatif utama bagi setiap keluarga untuk berakhir pekan tanpa harus keluar daerah. “Kami berharap, dengan adanya RTH Taman Pancasila tersebut, dapat mengungkit roda perekonomian masyarakat di wilayah Kelurahan Tebon dan sekitarnya,” ungkap Camat Barat.

Sementara itu, menurut keterangan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan PSU dan Pertanahan, Dinas Perkim Kabupaten Magetan, Jojok Johar Sorianto, mengatakan, pembangunan RTH Taman Pancasila di wilayah Kecamatan Barat Magetan, menelan biaya anggaran sebesar Rp. 266.508100,00., dengan Pagu anggaran Rp. 305 juta, dan HPS Rp. 303 juta lebih. “Untuk nilai kontraknya sebesar Rp. 266.509.100, dengan waktu pelaksanaan mulai tanggal 11 Okt 2019 s/d 24 Des 2019,” tutupnya. (Ren)

 5,978 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!