UA-163642268-1

DISPERINDAG : Pelanggaran Jam Operasional Mini Market Di Magetan, Karena Disengaja


ARYA-MEDIA, Magetan – Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan Dinas perindustrian dan perdagaangan (Disperindag) Kab. Magetan, Jum’at (10/5) kemarin, untuk menertipkan jam buka mini market (toko modern) yang berada diwilayah Magetan telah menuai hasil.

Sidak yang dilakukan di beberapa toko modern seperti Alfamar dan Indomart khusunya di wilayah Kecamatan Parang dan Ngariboyo, Kab. Magetan, terdapat pelanggaran jam operasional yang dilakukan oleh Alfamart maupun Indomart di wilayah tersebut.

Sedangkan, menurut Peraturan Daerah (Perda) Kab. Magetan No: 3 Tahun 2013 Pasal 19 ayat 3, dijelaskan. Bahwa, jam operasional minimarket atau toko modern untuk hari Senin sampai dengan Jum’at, pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 22.00 Wib, untuk hari Sabtu dan Minggu, pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 23.00 Wib. Dan untuk hari besar keagamaan, libur nasional atau hari tertentu lainnya, pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 02.00 Wib pada hari berikutnya.

Disperindag Kab. Magean, Saat Melakukan Sidak Salah Satu Mini Market Di Kecamatan Parang (10/5/2019).

“Setelah kami lakukan sidak kemarin, ternyata ada dua Mini Market yakni Alfa Mart dan Indomart yang masih buka melebihi aturan yang sudah di tetapkan. Saat itu juga, kami memberikan pembinaan dan pemasangan stiker sebagai peringatan terhadap pengelola,” kata Sucipto, Plt Kepala Disperindag Kab. Magetan, Senin (13/5), di ruang kerjanya.

Sucipto menjelaskan, dalam Perda tersebut, sudah ada ketentuan jam operasioanal bagi mini market, yang bergantung pada letak dan lokasinya. “Ketentuanya sudah ada dalam perda, kalau minimarket yang berada di jalan protokol memang diperbolehkan buka sampai 24 jam,” terangnya.

Plt Kepala Disperindag Kab. Magetan juga membeberkan, menurut hasil survey yang dilakukan Disperindag Magetan, bahwa pelanggaran toko modern antara Indomart dan Alfamart yang tersebar di seluruh Kabupaten Magetan, banyak didominasi oleh Alfamart, dengan melewati jam operasional yang telah ditentukan.

Sucipto, Selaku Plt Kepala Dinas Industri Dan Perdagangan (Disperindag) Kab. Magetan.

“Hasil survey Indomart lebih tertip dari pada Alfamart. Karena Alfamart yang paling banyak melakukan pelanggaran dengan melebihi jam operasional. Hal itu, bukan karena kelalian penjaga toko, tapi dari pihak pengelola yang sengaja melanggar dengan tidak memberikan penjelasan kepada pegawainya,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Sucipto akan terus melakukan pemantauan kepada semua mini market agar menjalankan Perda yang sudah ditentukan, demi menegakkan peraturan. “Apabila mereka masih saja melakukan pelanggaran berulangkali, maka Satpol PP yang akan menertibkan selaku Penegak Perda,” jelasnya..

Diketahui bahwa, penertiban jam operasional yang dilakukan oleh Disperindag Kab. Magetan, adalah sebagai upaya untuk melindungi para pedagang kecil (Pedagang Tradisonal) yang berada di lingkungan mini market agar perekonomian di Magetan dapat berimbang. Yaitu dengan tujuan yang sama untuk mencari rezeki dari berdagang. (ren)

 4,413 total views,  2 views today

Baca Juga :  Polres Ngawi Lakukan Sertijab dan Mutasi 8 Kapolsek


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!