Ditinggal Belanja Bumbu Dapur, Rumah Beserta Isi dan Uang Tunai Ludes Terbakar


ARYA-MEDIA, Ngawi – Kebakaran terjadi akibat kelalaian pemilik rumah yang mengakibatkan satu (1) unit rumah di Kecamatan Paron, Ngawi, Jawa Timur, ludes dilahap si jago merah. Kejadian ini menimpa rumah milik Tutik alias Lasiyem (69) warga Dusun Jambe Lor, RT.006/RW.004, Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Sabtu (10/8/2019).

Bermula dari korban yang tinggal sendiri, sekira pukul 14.00 Wib, meninggalkan rumah untuk belanja perlengkapan bumbu dapur dengan berjalan kaki. Sebelumnya, korban memasak di dapur menggunakan kayu bakar dan sekam dari gergajian kayu.

Kejadian kebakaran tersebut, diketahui pertama kali oleh Ariyanto (saksi), warga Dusun Ngadiluweh, Desa Gemarang, Kec. Kedunggalar, Ngawi, yang sedang mencari rumput tak jauh dari rumah Lasiyem (korban red). Ia mengetahui rumah korban mengeluarkan asap dan api dari bagian dapur, kemudian berteriak minta tolong kepada warga sekitar.

Foto : Rumah Lasiyem Yang Rata Dengan Tanah Akibat Kebakaran.

“Saat mencari rumput, saya melihat kepulan asap dan api keluar dari rumah korban. Kemudian saya berteriak minta tolong dan berusaha memadamkan api bersama warga setempat,” kata Ariyanto, Sabtu (10/8).

Mengetahui kejadian tersebut, warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Ironisnya, karena lokasi terpencil dan sulitnya mencari sumber air, bantuan pemadam kebakaran mengalami kesulitan untuk menjangkau ke lokasi.

“Sekira 1,5 jam kemudian, api baru bisa dipadamkan namun rumah beserta isinya habis terbakar,” terang Kapolsek Paron, AKP Widodo, (10/8).

Sementara, kebakaran tersebut diduga berasal dari dapur yang terdapat tungku kayu bakar yang sebelumnya digunakan korban untuk memasak. “Diduga api berasal dari dapur, karena sebelumnya korban memang memasak di dapur menggunakan kayu bakar dan sekam dari gergajian kayu,” jelasnya.

Selain itu, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang menimpa rumah milik Saliyem, namun kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah. “Satu rumah beserta isinya habis terbakar, diantaranya tv, dan surat-surat penting, serta uang tunai sebesar 4,5 juta juga ikut terbakar. Dan untuk korban jiwa nihil,” pungkas Kapolsek Paron. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *