DLH Peduli Lingkungan, Gelar Pelatihan Pengelolahan Sampah Bersama SLI


ARYA MEDIA, Banyuwangi – Bentuk kepedulian lingkungan warga Muncar Banyuwangi menggelar pelatihan pengolahan sampah yang bertempat di Kantor Kecamatan Muncar, (12/4/2018). Diketahui secara umum permasalahan sampah ini tidak akan terlepas dengan SDM nya itu sendiri, maka demi terwujudnya Muncar yang bersih, acara pelatihan pengelolaan sampah tersebut dihadiri oleh Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Banyuwangi beserta tim Systemiq Lestari Indonesia (SLI).

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dan bukti, bahwa tingkat kepedulian warga Muncar terhadap permasalahan sampah oleh Masyarakat. Tentunya dengan kegiatan ini mampu melahirkan pemikiran serta aksi aksi berbasis masyarakat tentang kepedulian terhadap pengelolaan sampah.

Baca Juga :  Karhutla Terjadi di Lereng Gunung Lawu Magetan

Acara tersebut dihadiri, Forpimka Muncar, Kepala Desa, Koordinator Pendidikan, PKM dan elemen Masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Muncar. Kepala Dinas DLH Banyuwangi (Husnul) dalam penyampaian pidatonya menuturkan.

“Setiap orang pasti ingin sehat bukan…..?, Sudah barang tentu semua ingin sehat. Jadi banyak cara untuk membuat dan menjalani hidup yang sehat. Salah satunya adalah kita tetap menjaga lingkungan agar selalu bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan” tutur Husnul.

Baca Juga :  Jaga Stabilitas Ketahanan Pangan, Kodim Bojonegoro Beserta Jajaran Budidayakan Tanaman Holtikultura

Untuk pengelolaan sampah, langkah yang harus dilakukan adalah pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan dan pendaur ulangan, atau pembuangan dari material sampah. Kita terlebih dulu harus tau apa sih jenis sampah itu.

“Sampah adalah konsekuwensi dari adanya aktifitas manusia, sampah adalah masalah yang umum di kehidupan masyarakat luas, maka dalam kepedulian lingkungan ini sangat tepat adanya bentuk pelatihan pengelolaan sampah”, imbuh Kepala DLH.

Baca Juga :  Sambang Desa 2020, Wakil Bupati Minta Optimalisasi Dana DD/ADD

Saya dan kita semua yang turut hadir di acara ini sangat berharap Kedepan, semoga warga masyarakat pada umumnya dapat terus meningkatkan kedisiplinan dalam kepedulian terhadap lingkungan”, tutupnya. (ktb/ops/redk)

 599 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!