Dongkrak Wisata Alam, Disparpora Ngawi Gelar Festival Paralayang Liga Jawa Timur


ARYA-MEDIA, Ngawi – Festival Paralayang Liga Jawa Timur seri pertama, digelar di Desa Wonosari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Berlokasi di puncak Gunung Gedhe, pembukaan festival Paralayang tersebut diikuti 110 peserta dari berbagai kota yang tersebar di wilayah Indonesia.

Melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Ngawi, event bergengsi tersebut dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai tanggal 14-16 Februari 2020. Dengan harapan, mampu mendongkrak wisata yang ada di Kabupate Ngawi, sehingga, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Kejuaraan yang diikuti dari berbagai daerah tersebut, dapat mewadahi masyarakat sebagai pecinta paralayang. Tak hanya itu, festival paralayang yang digelar pertama kalinya itu, menggandeng Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Dan acara ini, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar,di puncak Gunung Gedhe pada Jum’at (14/2/2020).

“Ini patut dibanggakan, dengan lokasinya yang berada di pegunungan Teh Jamus dan jarak tempuh memakan waktu 3 hingga 5 menit dari lokasi start sampai kelokasi pendaratan, dimanjakan panaroma yang indah serta udaranya yang sejuk. Festival paralayang ini, diharapkan mampu menarik wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, dengan giat seperti ini, bisa menjadi agenda rutin di Kabupaten Ngawi, sehingga mampu menumbuhkan atlit-atlit baru,” kata Oni Anwar, Wakil Bupati Ngawi.

Wabup Ony mengaku, festival Paralayang tersbut, bisa menjadi agenda rutin minimal dua kali dalam setahun. Melihat banyaknya antusias baik dari jumlah atlit serta pecinta paralayang yang turut menyaksikan.

“Pemkab harus terus bersinergi dengan pengurus paralayang provinsi serta pusat, sehingga bisa menumbuhkan dan memotivasi para atlit baru kedepannya,” pintanya.

Diketahui bahwa, dari pantuan cuaca atlet paralayang pada umumnya, mereka mengakui lokasi take off maupun loading mempunyai tantangan tersendiri. Mereka harus cermat memperhitungkan arah angin demikian juga cuaca yang sering berubah. (Endik)

 1,810 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!