Dua Perangkat Desa Terpilih Dalam Ujian Perangkat Desa Maron


Magetan, Arya Media – Penghujung tahun 2017 ini, Desa Maroon punya gawe yang melibatkan 27 peserta warganya untuk bertanding di laga ujian Penyaringan Calon Perangkat Desa, yang dilaksanakana di Balai Desa, Sabtu (23/12/2017).

Pendaftaran Balon (Bakal Calon) Perangkat Desa telah dilaksanakan mulai tanggal 27 September hingga 08 Desember 2017 yang dilanjutkan seleksi kelengkapan administrasi tanggal 11 Desember 2017. Untuk menjaga transparansi pelaksanaan, panitia memperketat pengawasan dengan melibatkan dari jajaran Polsek, Koramil hingga tingkat Pemerintahan Kecamatan.

Desa yang berada di wilayah Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan ini juga melibatkan 5 orang warganya termasuk perangkat Desa untuk untuk membantu panitia membuat soal, hal ini dimaksudkan untuk menjaga kebocoran dan netralitas soal ujian kepada para peserta.

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (P3D), Sugiono mengatakan, pelaksanaan penjaringan dan pengangkatan calon Perangkat Desa untuk mengisi kekosongan kursi Kasi Pemerintahan dan Kaur Tata Usaha dan Umum.

“Sejak dibukanya jadwal pendaftaran hingga akhir, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 44 orang, sedangkan yang lolos seleksi komputer 27 orang yang dinyatakan lulus administrasi,” ungkap Sugiono.

Penyaringan Perangkat Desa ini , lanjut Sugiono, terdiri dari peserta laki-laki 7 orang dan 20 orang peserta perempuan, yang masing-masing memiliki latar belakang Pendidikan Sarjana maupun Diploma sebanyak 9 orang, dan sisanya berpendidikan SLTA. Sedangkan jumlah soal yang disiapkan ada 150 pertanyaan berupa pilihan ganda, yang terbagi tiga kelompok, yaitu Ideologi, Umum dan Khusus (Pemerintahan).

Menurut data yang diperoleh, nilai tertinggi (70) untuk Kaur Tata Usaha Umum dikantongi peserta atas nama Dwi Susilowati warga RT 03/RW 01, dan Puput warga RT 02/RW 01 mendapat nilai terbaik (64,6) untuk Kasi Pemerintahan. Nilai yang diraih peserta sudah ditambahkan nilai Pengabdian, Dedikasi, Loyalitas dan Sifat Tidak Tercela (PDLT).

Kepala Desa Maron (Sujarwo)

Rangkaian pelaksanaan dan rangkuman nilai peserta dilaporkan oleh Panitia Penjaringan dan Penyaringan kepada Kepala Desa Maron dan kepada Badan Permusyawaratan Desa(BPD)  pada waktu yang sama.

Kepala Desa Maron Sujarwo, selaku penanggungjawab mengatakan, Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa betul-betul telah dilaksanakan secara transparan dan tidak ada rekayasa apapun.

“Selamat kepada 2 peserta yang memperoleh nilai tertinggi, ini semua murni dari peserta dan tidak ada bocoran soal. Calon Perangkat Desa terpilih harus siap bekerja dan siap melayani masyarakat sepenuh hati, tidak boleh ngresulo, serta segera menyesuaikan diri dalam melaksanakan tugasnya,” terang Sujarwo dalam paparan sambutannya. (ADV)

Reporter : Ren
Editor : Porto Folio

 2,584 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!