Dugaan Korupsi Baleasri, Ditanggapi DPRD Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan, menyoroti kasus dugaan proyek fiktif yang terjadi di desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo. Kasus yang saat ini ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan tersebut, mengundang keprihatinan jajaran legeslatif atas ulah oknum yang terlibat dalam praktik dugaan korupsi dana Pemerintah tersebut.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Kab Magetan, Suratman, mengatakan, pihaknya berjanji akan memanggil Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk dimintai keterangan perihal dugaan proyek fiktif didesa Baleasri tersebut.

”Kami sungguh prihatin dengan kasus di dugaan korupsi Dana DD di Baleasri, Kecamatan Ngariboyo. Dan kami mengundang OPD terkait, untuk menjelaskan seluk beluknya, kenapa bisa ada pekerjaan fiktif menggunakan Dana Desa dua tahun berturut-turut,” katanya, Minggu (19/1/2020).

Dewan tidak ingin ada anggapan dari publik, di Kabupaten Magetan tidak ada lembaga yang mengawasi pelaksanaan Dana Desa yang digelontorkan Pemerintah pusat untuk kesejahteraan rakyat. ”Kami tidak ingin, seolah – olah tidak ada pengawasan pelaksanaan Dana Desa. Jadi, kami akan reaktif terkait kasus ini,” ujar Suratman.

Suratman mengingatkan, korupsi Dana Desa di Kabupaten Magetan sebelumnya terjadi di Desa Sempol, Kecamatan Maospati Tahun 2019. Bahkan, Mantan Kades Sempol, Ngadeni, dijatuhi hukuman 2 tahun 6 bulan dan denda Rp 50 juta oleh PN Tipikor Surabaya, 31 Januari 2019 lalu.

”Seharusnya kasus korupsi Dana Desa di Desa Sempol, Kecamatan Maospati, menjadi pelajaran untuk semua desa, Dan ini terjadi lagi di Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Magetan,” jelasnya, (19/01).

Sebagai informasi, Tim Pemberantasan Korupsi Kejari Magetan, telah menggeledah Kantor Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, pada Kamis ( 16/1) lalu. Penggeledahan Kantor Desa Baleasri terkait dugaan korupsi Dana Desa Tahun anggaran 2017 dan 2018, yang diperkirakan merugikan Negara sebesar ratusan juta rupiah. (Redk)

 707 total views,  9 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!