Dukung Gerakan Setengah Milliar Masker untuk Desa Aman Covid-19, DPMD Magetan Himbau Kades Menyesuaikan Anggaran Desa


ARYA-MEDIA, Magetan – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, telah menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait Gerakan Setengah Milliar Masker untuk Desa Aman Covid-19, pada tanggal 04 Agustus 2020 lalu, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Corona Virus Desiase 2019 (Covid-19).

Sesuai SE Nomor : S.2294/HM.01.03/VIII/2020, tentang Gerakan Setengah Milliar Masker untuk Desa Aman Covid-19, bahwa pihak Pemerintah Desa (Pemdes) melalui Kepala Desa (Kades), wajib melakukan penyediaan masker kain yang bisa dicuci sebanyak 4 buah bagi warganya.

Ketentuan tersebut meliputi, dua (2) masker diadakan dengan Dana Desa melalui BUMDes, dan 2 masker lainnya melalui gotong royong dari swadaya warga yang mampu.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Magetan, Eko Muryanto menjelaskan, pihaknya akan menindaklanjuti arahan tersebut sesuai kebijakan Pemerintah pusat.

“Mulai awal pamdemi, desa-desa di wilayah Kabupaten Magetan telah mengadakan masker. Karena Kemendes langsung nyurati ke desa-desa, Ini kita buatkan himbauan lagi untuk mendukung program tersebut,” kata Eko Muryanto, Rabu (12/8/2020).

Kepala DMPD Magetan juga menghimbau kepada semua desa agar melakukan pengadaan masker sesuai kemampuan keuangan yang ada di desa masing-masing. “Untuk penganggarannya menyesuaikan anggaran dari masing-masing desa,” jelasnya. (Ren)

 1,019 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!