UA-163642268-1

E-Voting Dan Manual : Pembekalan Kepala Desa Dalam Persiapan Pilkades Serentak 2019


ARYA-MEDIA, Magetan – Persiapan jelang Pemiihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang rencananya akan dilaksanakan 27 November 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), melakukan persiapan dengan menggelar Pembekalan Kepala Desa dalam rangka Pelaksanaan Pilkades Serentak 2019, di Hotel Bukit Bintang selama dua hari 15-16 April 2019, Senin (15/7/2019).

Sebanyak 184 Desa di Kabupaten Magetan akan melaksanakan Pilkades secara serentak. Namun ada sdikit perbedaan dengan Pilkades yang dilakukan beberapa tahun lalu. Untuk tahun ini, pelaksanaan Pilkades yang akan dilaksanakan bulan November mendatang, dengan menggunakan 2 cara dalam hari yang sama dan serentak, yakni dengan cara E-Voting dan manual.

Kepala DPMD Kabuptaten Magetan, Iswahyudi Yulianto menuturkan, pembekalan ini ditujukan kepada Kepala Desa (Kades), BPD, Forkopimca, Babinsa dan Babinkamtibmas, agar dapat terwujud sinkronisasi elemen dalam pelaksanaan Pilkades nanti.

Baca Juga :  Tujuh Dalang Asal Magetan Tampil Sebagai Penutup "Suran Seni Budaya 2018"
Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si

“Karena Permendagri yang mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Pilkades harus sehari dan serentak, maka Pilkades tahun ini akan dilakukan secara E-voting dan manual,” kata Kepala Dinas DPMD Kab. Magetan, (15/7).

Yuli menjelaskan, pembekalan kali ini ditujukan kepada seluruh Kepala Desa, baik yang akan melaksanakan secara E-Voting maupun secara Manual. “Untuk kali ini, pembekalan secara umum kepada seluruh Desa yang akan mengikuti Pilkades serentak 2019. Nanti akan kita adakan lagi khusus bagi Desa yang akan melaksanakan Pilkades secara E-Voting,” ungkapnya.

Baca Juga :  PDIP Resmi Usung Cucu Bung Karno, Dampingi Gus Ipul Dalam Pilgub Jatim

Hal yang sama dikatakan Bupati Suprawoto, bahwa Pilkades di Magetan akan dilakukan secara serentak, untuk itu agar Magetan tetap bisa melakukan Pilkades secara serentak tetapi dapat mewujudkan upaya menjadi yang terdepan, maka ada desa yang akan melakukan Pilkades secara E-Voting.

“Ada 18 Desa yang akan melaksanakan Pilkades secara E-Voting. Dengan ketentuan, setiap Kecamatan akan dipilih Desa yang memiliki penduduk terbanyak. Dan sisanya tetap melakukan Pilkades secara manual,” terang Bupati Magetan, (15/7).

Baca Juga :  Apel Gabungan Gakplin Prokes, Operasi Yustisi Bakal Digelar 9 Hari

Bupati mengungkapkan, untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkades di Magetan, ada target yang harus dicapai yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses ekonomi. Jadi tidak hanya sukses dalam pelaksanaan, akan tetapi menjadi prestasi tersendiri bagi Magetan.

“Dengan kesuksesan tersebut, dapat menjadikan Magetan sebagai rujukan studi banding dalam pelaksanaan Pilkades secara E-Voting. Sehingga, akan memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat, karena pasti akan banyak orang berkunjung ke Magetan,” jelas Kang Woto, panggilan akrab Bupati Magetan. (ren)

 574 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!