Edukasi Masyarakat Sambut New Normal, Dinkes Magetan Sosialisasi Protokol Kesehatan


ARYA-MEDIA, Magetan – Menyonsong tatanan kehidupan baru (New Normal) di Kabuapten Magetan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan dengan getol melakukan sosialisasi protokol kesehatan penerapan era baru New Normal, di pelosok wilayah Kabupaten Magetan.

Hasil informasi yang dihimpun, setiap UPT Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Magetan, telah melaksanakan woro-woro siaran keliling menggunakan ambulan untuk memberitahukan kepada masyarakat agar selalu tertip menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19.

Kepala Dinkes Kabupaten Magetan, dr. Hari Widodo, melalui Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Toto ApriJanto, SKM., mengatakan, menyambut akan diberlakukannya New Normal di Magetan, pihaknya bakal terus melakukan sosialisasi New Normal Life kepada masyarakat, bagaimana cara beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu dengan penerapan  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kami berusaha kepada semua masyarakat untuk kita edukasi sesuai dengan inovasi dari masing masing Puskesmas yang ada di Kabupaten Magetan,” ujar Toto ApriJanto, Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinkes Kabupaten Magetan, Rabu (17/6/2020).

Dijelaskan Toto ApriJanto, untuk mengedukasi masyarakat dalam menghadapi New Normal life atau adaptasi dengan kebiasaan hidup baru, Dinkes Kabupaten Magetan mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengali, jaga jarak 1-2 meter, selalu sedia handsanitaiser, bersihkan badan setelah keluar dari rumah, tetap di rumah apabila sedang sakit, jaga kesehatan serta jaga imunitas tubuh.

“Karena PHBS selama ini telah banyak dilupakan, maka dengan new normal, masyarakat harus selalu mematuhi semua protokol kesehatan, agar dapat mencegah penularan virus corona untuk hidup berdampingan dengan Covid-19,” jelasnya.

Selain itu, Dinkes Kabupaten Magetan, menyiapkan beberapa strategi edukasi kepada masyarakat yaitu, dengan melakukan konseling janji temu, siaran keliling, atau siaran melalui madia yang ada di desa, dan juga melalui media sosial.

“Semua sarana kita pakai untuk mensosialisasikan hal ini. Agar masyarakat benar-benar paham dalam penerapan protokol kesehatan,” pungkas Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinkes Kabupaten Magetan. (Ren)

 502 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!