UA-163642268-1

Fashion Batik Festival 2020, Sajikan 28 Motif Batik Khas Magetan


ARYA-MEDIA | Magetan – Upaya pelestarian batik khas Magetan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan, menggelar Magetan Batik Festival 2020’ dengan tema Gatawati Padmarini, di Pendopo Surya Graha, Selasa malam (08/12/2020).

Acara Festival Fashion Batik Magetan tersebut, dihadiri oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si., bersama segenap jajaran Forkopimda dan DPRD Magetan, Sekda Kab. Magetan, beberapa Kepala OPD, serta Camat seKabupaten Magetan.

“Pelaksanaan Batik Festival Magetan 2020, juga dapat mengembangkan program pariwisata terkait promosi pariwisata, untuk memulihkan perekonomian di masa pandemi bagi para pengrajin batik di Magetan,” kata Joko Trihono, Kepala Disparbud Magetan, Selasa (08/12).

Baca Juga :  Wujudkan Kamtibmas, Kapolri Listyo Sigit Kunjungi PBNU

Dijelaskan Joko, jumlah peserta yang mengikuti festival tersebut sebanyak 28 motif batik dari masing-masing pengrajin batik dan desainer. Corak batik tersebut menggambar sesuatu yang dituangkan dalam bentuk batik dengan kreasi daerah masing masing.

“Dari hasil festival kedepan, produksi batik Magetan dapat menjadi pengungkit ekonomi bagi masyarakat khususnya pengrajin batik. Batik ini bisa dipakai oleh siapa saja, dalam segala acara, dam kita harus bangga menggunakan batik khas Magetan,” jelas kepala Disparbud Magetan.

Baca Juga :  Telaga Sarangan Secara Resmi Dibuka Bupati Magetan

Sementara, ditempat yang sama, Bupati Suprawoto mengungkapkan bahwa, acara ini sebagai bentuk kreatifitas para pengrajin batik dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat. Menurutnya, di tengah pandemi saat ini, kita harus tetap berkarya dan terus produktif untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

“ini langkah yang sangat bagus, dalam era pandemi saat ini. Mari kita tetap produktif, agar pengrajin pengrajin batik di Magetan semakin berkembang,” ujarnya.

Baca Juga :  Adelin Lis, Buronan Kelas Kakap Internasional

Sebagai informasi, pemenang lomba Magetan Batik Festival 2020 diumumkan langsung oleh Putri Indonesia Jawa Timur 2019 Bella Sandra, dengan mendapatkan uang pembinaan sebesar dan Trophy.

Peraih juara 1 dimenangkan oleh peserta nomer 9, dengan motif Batik Ecoprint Dedauan. Juara 2 peserta no.27 dari batik Bumdes Kenongo Makmur Desa Kenongo Mulyo Kecamatan Nguntoronadi. Dan juara 3 diraih peserta no.17 dengan motif Batik Sembogem dari Desa Bogem Kecamatan Kawedanan. (Rwy/Ren)

 40,492 total views,  8 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!