Festival Seni Budaya Daerah Jawa Timur, Disparbud Magetan Suguhkan Seni Budaya Agraris Pertanian


ARYA-MEDIA | Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, melalui Dinas Pariwisata dan Kebuyaan (Disparbud) Magetan, mengikuti Festival Seni Budaya Daerah di tingkat Provinsi Jawa Timur, dengan mengangkat tema “Seni Budaya Agraris Kabupaten Magetan”.

Seni Budaya Agraris merupakan seni budaya yang tumbuh dan berkembang serta dilestarikan di wilayah Jawa Timur, yang sebagian masyarakatnya hidupa dari bercocok tanam. Bertempat di Pendopo Surya Graha Magetan, Festival Budaya Agraris dilakukan secara visual dengan melibatkan para seniman seniwati Kabupaten Magetan, Minggu malam (29/11/2020).

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, Festival Budaya Daerah yang di gelar oleh Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Magetan menyuguhkan Festival Budaya Agraris dengan pertunjukan kesenian yang berhubungan dengan sektor pertanian, karena  Magetan merupakan wilayah pertanian.

“Budaya pertanian tidak bisa kita lepaskan, karena berpengaruh dari lingkungannya. Seperti yang ditampilkan dengan tarian dari sosok petani dan celeng. Saya tidak mengira  bahwa anak-anak seniman Magetan memiliki potensi cukup besar,” kata Bupati Suprawoto, Minggu (29/11).

Dikatakan Suprawoto, pertunjukan Festival Budaya Agraris Kabupaten Magetan, menjadi ajang para seniman untuk terus selalu berkarya di masa pandemi covid-19 saat ini. “Karena kesenian itu adalah universal, dan siapapun bisa menikmati kesenian tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkab Magetan akan selalu memberikan ruang kepada para seniman untuk meningkatkan karya seni yang ada di Kabupaten Magetan. “Menurut hemat saya, kami tidak akan mengunggulkan, tetapi memberikan ruang kepada seluruh seniman agar terus berkarya, baik seni tari, seni lukis, seni tradisi komunikatif, serta seni seni lainnya,” jelas Bupati Magetan kepada Arya Media, (29/11).

Bupati juga berharap, kedepan anak-anak sekolah juga diberikan ruang untuk meningkatkan dan mengekspresikan seni yang dimiliki para generasi muda. “Semoga kedepan pandemi covid-19 segera berakhir, agar kehidupan masyarakat segera normal kembali.“ pintanya.  

Sementara, Kepala Disparbud Magetan, Joko Trihono menjelaskan, Festival Budaya Daerah Jawa Timur rencananya digelar secara serentak di Kota Malang Jawa Timur. Namun, karena masa pandemic covid-19, sehingga dilakukan di wilayah masing-masing daerah dengan cara visual. “Tayangan visual ini akan ditayangkan di TVRI, dan yang sudah melaksanakan festival budaya ini baru Bondowosodan Kabupaten Magetan,” jelasnya

Selain itu, Pemerintah akan selalu memberikan support kepada para seniman utuk menampilkan Seni Budaya Agraris Magetan dalam ajang Festival Budaya Daerah Jawa Timur. “Kami akan terus berupaya mengangkat kesenian yang bersangkutan dengan budaya yang ada di Magetan.” pungkasnya. (Ren)  

 4,708 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!