Fungsi Ganda, Rehabilitasi Saluran Jaringan Irigasi PUPR Magetan


ARYA-MEDIA | Magetan – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Magetan Jawa Timur, melaksanakan rehabilitasi saluran irigasi di area persawahan Sumber Duren, tepatnya di Desa Krowe Kecamatan Lembeyan.

Sebagai upaya peningkatan pengairan untuk kesejahteraan para petani, area pesawahan seluas 7 hektar tersebut menjadi  salah satu prioritas bagi Dinas PUPR Magetan, melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA). Rehabilitasi jaringan irigasi tersebut menelan anggaran sebesar Rp. 198 juta, yang bersumber dari dana P – APBD DAU Tahun Anggaran 2020.

“Pekerjaan ini bekerjasama dengan rekanan kontraktor dengan sistem penunjukan langsung. Diminsi saluran yaitu panjang 55 meter dan lebar 3,5 meter,” kata Yuli K Iswahyudi, Kepala Bidang SDA PUPR Magetan, Senin (30/11).

Baca Juga :  Jaga Imunitas Pembentukan Karakter Generasi Muda, Koramil Dander Latih Bela Diri

Selain itu, rehabilitasi saluran jaringan irigasi Sumber Duren, yang dikerjakan oleh kontraktor pelaksana CV Bina Karya dengan Konsultan Pengawas CV Pandega Raya, memiliki fungsi ganda yakni sebagai saluran irigasi dan penampung air. “Bangunan ini nantinya tidak hanya untuk saluran irigasi saja, namun juga bisa digunakan untuk penampungan air,” jelas Yuli kepada Arya Media.

Baca Juga :  Berebut Mengaransemen “Kebenaran”, Menjadi Milik Siapakah Kebenaran?

Kabid SDA Dinas PUPR Magetan juga menjelaskan, proses pelaksanaan proyek tersebut menerapkan sistem manual, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 di Magetan.

“Program ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan hasil pertanian warga sekitar. Sehingga dapat mensejahterakan perekonomian masyarakat Desa Krowe khususnya para petani,” pungkasnya. (Rwy/Ren)

 790 total views,  3 views today

Baca Juga :  Fenomena Alam, Sumur Mengeluarkan Gas Dan Api


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!