Gelar Seminar Literasi, ISNU Ponorogo hadirkan Suprawoto


ARYA-MEDIA, Ponorogo – Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, SH.M.Si menjadi salah satu narasumber utama dalam kegiatan Seminar Nasional yang bertajuk “NU dan Literasi Kepemimpinan Publik”, di Hotel Gajahmada, Kab. Ponorogo, Minggu (4/8/2019).

Seminar Nasional PC ISNU (Ikatan Sarjana Nadhatul Ulama) Kab. Ponorogo tersebut, diselenggarakan dalam rangka musyawarah kerja ISNU masa khidmat 2018 – 2022.

Dr.Drs.H. Suprawoto, SH. M.Si. mengawali materinya dengan mengutip tulisan Pramodya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari sejarah peradaban, menulis adalah bekerja untuk keabadian”.

Dilansir dari Media Soaial versi You Tubenya “Dr Sutejo tentang Inspirasi Literasi Bupati Magetan” Suprawoto atau dipanggil dengan sapaan “Kang Woto”, mengatakan, sesibuk apapun, seorang sosok yang aktif di dunia literasi Nasional dan kebetulan juga pejabat publik, tidak lupa untuk menulis, karena waktu itu bagi saya tidak boleh terbuang percuma. Jadi, harus memberikan ‘Edit Value’ bagi diri saya dan juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ucapnya.

Kang Woto juga mengatakan, pihaknya akan menceritakan pengalamannya sebagai Bupati Magetan, untuk diabadikan dalam tulisan, agar menjadi bukti sejarah dan tidak hanya menjadi isu saja. “Ini saya sambil menulis juga, yaitu ‘Rute Menjadi Bupati’, bahwa rute demokrasi menjadi seorang Bupati. Dan saya berusaha untuk mencatat hal itu, karena kalau kita tidak mencatat nati monopoli kebenaran akan di monopoli oleh orang yang mencatat,” terang Bupati yang sangat inspiratif, (5/8).

Lebih lanjut, Kang Woto juga berpesan, mengajak masyarakat untuk membudidayakan literasi dengan cara membaca buku sebanyak-banyaknya. “Mari kita budayakan literasi dengan cara membiasakan membaca, karena dengan budaya membaca kita menjadi kritis dalam menerima suatu berita. Jadi, kita tidak akan gampang percay a dengan adanya berita Hoax,” jelasnya.

Selain itu, banyak orang sukses karena rajin menulis yang dilakukan secara kontinyu. “Profesi itu tidak hanya mainstream dokter dan insinyur, jadi penulis juga luar biasa. Karena nulis itu menembus batas-batas. Jika kalian bukan siapa-siapa maka menulislah,” tutur Bupati Magetan.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua PC ISNU Ponorogo Dr. Abid Rohmanu M.H.I, menuturkan, semangat menulis ini penting digerakkan. Sebab, literasi itu bukan sekadar tulis menulis namun memiliki makna luas,” pungkasnya.

Diketahui bahwa, dalam acara tersebut dihadiri diantaranya budayawan dan pegiat literasi Ponorogo, Dr. H. Sutejo, M.Hum. sebagai Narasumber pembanding dan Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *