“Gerakan Nasional Pemulihan DAS” Waduk Gonggang Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur melalui Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Madiun, bersama Balai Pengelolaan DAS Bengawan Solo, menggelar Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tahun 2019, di Bendungan Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Kamis (28/11/2019).

Kegiatan tersebut, mengusung tema “Pulihkan DAS, Membangun Masa Depan”, yang dihadiri anggota Forkopimda Magetan, beserta pimpinan instansi vertikal, Balai besar wilayah Bengawan Solo, KPH Lawu DS, Penyuluh Kehutanan, dan masyarakat Peduli Lingkungan. Tak ketinggalan juga, jajaran dari TNI, Polri, dan Tagana, Pelajar, dan Pramuka juga turut hadir.

“Hari ini kita canangkan gerakan Nasional pemulihan DAS tahun 2019, dan kebetulan di Magetan ada Waduk Gonggang. Maka dari itu, mari kita berbuat kebaikan dengan menanam pohon untuk penghijauan,” kata Bupati Magetan, Suprawoto, Kamis (28/11).

Bupati Suprawoto menjelaskan, kegiatan ini tidak hanya berhenti pada penanaman saja, tetapi harus dilanjutkan dengan upaya lainnya yaitu penghijauan dalam menciptakan suasana nyaman khususnya di Waduk Gonggang, Magetan. “Yang paling utama adalah, mengubah pola pikir masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan,” ungkpanya.

Selain itu, Bupati meminta jajarannya dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), untuk terus berupaya melakukan penghijauan dengan sistem master pland secara teratur. “Saya sudah minta kepada DLH untuk membuat master pland dalam hal ini. Karena kalau dilakukan satu lembaga tidak akan mungkin, diperlukan kerjasama beberapa lembaga,” jelas Suprawoto, atau dikenal dengan sebutan Kang Woto.

Diketahui bahwa, Gerakan Nasional Pemulihan DAS ditandai dengan penanaman pohon di area Waduk Gonggang, Poncol Magetan. Cabang dinas Kehutanan Wilayah Madiun, juga melakukan upaya lain seperti pembuatan sumur resapan, pengembangan bibit dan penanaman pohon. (ren/hms)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *