UA-163642268-1

Gerakan Penanaman, Magetan Tanam 1001 Pohon di Jalur Wisata


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Jawa Timur, melaksanakan gerakan penanaman 1001 pohon, program penghijauan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan. Penanaman ribuan bibit ketapang tersebut, ditanam di jalur wisata Sarangan wilayah lereng gunung lawu, mulai dari pertigaan Sidoarjo, jalur lama menuju Sarangan, Cemoro Sewu, Terminal Sarangan, dan Jalur Telaga Sarangan, Kamis (4/3/2021).

Kegiatan Penanaman bibit pohon dari program Magetan bersih nan indah tersebut, dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Magetan, beserta Jajaran Forkopimda Kabupaten Magetan serta dinas instansi terkait.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, pencanangan program penanaman bibit pohon sudah dirancang setiap tahun jelang musim penghujan. Menurutnya, penanaman pohon saat musim hujan, mendominasi kebtuhan air pada tanaman bisa tumbuh 95 persen.

Baca Juga :  Dikira Boneka, Seorang Petani Temukan Bayi Tak Berdosa Di Kali Lanang

“Penanaman ini bisa dibilang agak terlambat, karena menunggu pohon agak besar. Tapi berkah bahwa tahun ini musim penghujan agak panjang, jadi tidak mengurangi arti sehingga penanaman tetap dilakukan,” kata Bupati Suprawoto, yang dikenal dengan sebutan Kang Woto, Kamis (4/3).

Dijelaskan Bupati Magetan, penanaman bibit pohon bakal dilakukan setiap tahunnya, sebagai warisan kepada generasi penerus, yang bisa dilakukan secara ekonomis dan tanpa anggaran. “Tahun depan juga diagendakan. Ini adalah perbuatan baik, juga bisa dinikmati dan diwariskan, dan tanpa anggaran pun juga bisa jalan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hendak Memasak, Seorang Ibu Rumah Tangga Tewas Kesetrum

Informasi yang dihimpun, Pemkab Magetan memilih bibit pohon Ketapang Kencana sebagai

pilihan pohon naungan untuk ditanam dipinggir jalan. “Ketapang kencana ini istilah jawanya tidak mangklung dijalan. Kalau semplah atau patah, tidak akan mengganggu jalan. Kita tanam hari ini untuk masa depan,” jelas Bupati Suprawoto, Kamis (4/3). ⁣

Selain itu, selain penanaman bibit pohon ketapang kencana, Bupati Magetan bersama Jajaran Forkopimda Magetan, juga melakukan penghijauan dengan menanam bibit pohon Tabebuya, kolaborasi bersama warga Dukuh Mandoran Kelurahan Sarangan Kecamatan Plaosan Magetan.

Baca Juga :  Peringati HPN SMSI Gelar Seminar PENKEK Pasca Pandemi

Suprawoto berharap, kegiatan yang dilakukan Dukuh Mandoran bisa berhasil dan sukses sebagai dukuh sentra bunga dan sayuran. Sehingga dapat dikembangkan oleh Pemkab Magetan sebagai percontohan. “Apabila desa itu cantik dan indah, meskipun jauh pasti akan didatangi wisatawan. Hal ini akan membuat semuanya lebih maju khususnya di Magetan,” tutup Bupati Magetan. (Ren)

 657 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!