Granat Nanas Aktif Ditemukan Warga Desa Turi Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Warga Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan, digegerkan dengan penemuan bom dengan jenis granat aktif. Granat nanas yang diperkirakan berumur puluhan tahun tersebut, memiliki panjang 9 cm, berdiameter 5 cm, dan berat 0,5 Kg. Minggu (14/6/2020).

Kapolsek Panekan, di wilayah hukum Polres Magetan, Iptu Suwardi, mengatakan bahwa, granat aktif tersebut, ditemukan pertama kali oleh Wildan Ari Fiana (25), warga Dusun Keniten,  Desa Turi, RT.06/RW.04, Kecamatan Panekan, di sekitar parit kebun bambu wilayah dusun setempat.

“Benar, sekira pukul 08.00 Wib, telah ditemukan granat nanas yang diperkirakan sudah berumur puluhan tahun,” kata IPTU Suwardi, Minggu (14/6).

Dijelaskan Kapolsek Panekan, granat dengan kondisinya sudah berkarat itu ditemukan warga saat akan menggali makam. Saat ditemukan, kondisi pematik Granat Nanas itu, sudah dalam keadaan hilang berkarat.

“Karena pemantiknya sudah hilang, jadi sangat berbahaya. Granat itu ditemukan warga setempat saat berjalan menuju makam,” jelasnya.

Mengetahui hal itu, petugas Polsek Panekan langsung koordinasi dengan Polres Magetan untuk mendatangkan tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Madiun. “Tim Jibom Brimob Madiun langsung datang dan melakukan evakuasi granat. Saat ini, barang bukti granat di bawa ke Mako Brimob Kompi 2 den C Satbrimobda Jatim,” pungkasnya. (Tn/Ren)

 623 total views,  13 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!