Grebeg Suro Desa Kapundungan Sambut Tahun Baru Islam 1.440 H


ARYA-MEDIA, Banyuwangi – Pertigaan Pekulo Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Jadi tempat berkumpulnya warga digelarnya acara Grebek Suro menyambut Tahun Baru Islam 1440 H (Bulan Suro). Berbeda dengan sebelumnya, kali ini pelaksanaannya lebih meriah dan tertata rapi ketimbang tahun sebelumnya, Senin (10/9/2018).

Grebek Suro yang ini dikemas dengan sangat formal, juga sebagai destinasi wisata Kabupaten Banyuwangi. Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Banyuwangi, Forpimda, jajaran Satuan Kerja Aparatur Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, jajaran Forpimka Srono, para Camat, Kepala Desa se Kecamatan Srono, dan Kepala Bank Jatim Kab. Banyuwangi.

sebelumnya, hiburan seni tari daerah Jaripa dan Gandrung Cilik juga disuguhkan. Dilakukan juga pemberian santunan kepada beberapa anak yatim yang diwakili oleh Wabup Yusuf Widyatmoko. Setelah itu acara inti dimulai diawali doa bersama berikut sambutan Ketua Panitia Andre Subandrio, SE. Dalam sambutannya selain kata penghormatan, Ketua Panitia lebih kepada menyampaikan terima kasih dan berharap pelaksanan acara Festival Grebek Suro berjalan lancar.

Baca Juga :  Gegerkan Warga : Mayat Tanpa Identitas Mengapung Di Sungai

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengatakan dalam sambutannya, lebih tertarik menyampaikan tentang 9 filsafah jawa yang diajarkan Sunan Kalijaga. Secara rinci dan detail sekali Wabup menyampaikan ajaran peninggalan Sunan Kalijaga.

Kemudian Wabup Yusuf Widyatmoko meresmikan pemberangkatan peserta Festival Grebek Syuro yang ditandai dengan pemukulan rebana (terbang). Puluhan Tumpeng ukuran jumbo pun satu per satu memasuki lokasi utama. Bahkan secara simbolis Wabup Yusuf Widyatmoko ikut memikul tumpeng ukuran jumbo dan disambut tepuk tangan meriah hadirin. selanjutnya peserta Festival Grebek Suro mengarak tumpeng ukuran jumbo dengan berkeliling kampung. (rdy35/redk).

 2,731 total views,  3 views today

Baca Juga :  Apel Pagi : Pengalihan Tugas Tambahan Untuk Masjid Nurul Qur'an


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!