Gubernur Jatim Hadiri Musrenbang RKPD Pemkab Magetan, Tinjau Potensi Bumi Mageti


ARYA-MEDIA, Magetan – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan kedatangan tamu spesial Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Rabu (11/03/2020).

Kedatangan Gubernur Jawa Timur tersebut, selain membuka langsung acara Musrenbang RKPD Kabupaten Magetan Tahun 2021, juga menelisik Bumi Mageti dengan segala  potensi strategis yang dimiliki oleh Kabupaten Magetan, sebagai sinergitas kekuatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Kementrian lembaga di tingkat pusat.

“Dari Bumi Mageti ini, lahirlah embrio Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, yaitu dari seorang Gubernur Suryo. Kita tidak boleh melupakan sejarah ini, karena beliau babat alas yang mana dilahirkan di Magetan, dan beliau juga di makamkan di Magetan,” kata Gubernur Khofifah.

Foto : Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si, Saat Berikan Sambutan.

Program yang berkesinambungan sangat diperlukan mulai dari tingkat pusat samapi ke daerah. Maka dari itu, bottom-up proses suatu otonomi daerah dimulai dari bawah bukan dari atas. “Bottom-up proses dimulai dari Musdus, Musdes, Muscam, sampai dengan Musrembang seperti saat ini. Semua itu adalah untuk menyerap aspirasi dari bawah sebagai perencanaan kedepannya,” terang Gubernur Jatim, Rabu (11/03).

Selain itu, Gubernur Khofifah juga mengapresiasi Kabupaten Magetan yang telah berhasil melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal itu dibuktikan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Magetan lebih tinggi dari rata-rata IPM Jawa Timur. Disisi lain, langkah Pemkab Magetan dengan penyederhanaan birokrasi sebagai langkah percepatan pelayanan Jatim Elektronik (retribusi elektronik di pasar tradisional) merupakan salah satu bentuk transformasi ekonomi.

“Semua itu dapat digambarkan bahwa, dengan komitmen yang kuat,bisa dijadikan alat untuk memajukan Kabupaten Magetan”, ujar Gebernur Jawa Timur.

Sesuai dengan tema pada Musrenbag RKPD tahun 2021, yaitu peningkatan produktivitas usaha ekonomi produktif melalui triple agro, gaitu Agro Wisata, Agro Industri, dan Agro Bisnis,.Gubernur Jatim mengajak kepada semua pihak untuk saling bekerjasama di segala bidang, dalam rangka mensukseskan Pembangunan yang ada di Magetan.

Sementara itu, Bupati Magetan, Suprawoto, memberikan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya musyarawah tingkat desa, kecamatan sampai tingkat kabupaten. Karena untuk membangun Magetan Terdepan, dibutuhkan kontribusi dan partisipasi semua pihak, terutama seluruh warga Magetan.

“Dengan adanya Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten ini, diharapkan bisa disepakati rumusan yang akan digunakan sebagai masukan untuk membuat rancangan RKPD dan rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah, serta pembahasan program kegiatan yang pendanaanya dari APBD Kabupaten, APBD Propinsi maupun APBN,” tukasnya.

Diketahui bahwa usai membuka Musrenbang RKPD Kabupaten dan meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP), Gubernur Jawa Timur didampingi Bupati Suprawoto beserta segenap rombongan, meninjau pengerjaan Rabat Jalan Usaha Pertanian dusun Wonomulyo, Desa Genilangit dan normalisasi saluran yang bersumber dari Dana Desa. (Ren)

 1,128 total views,  9 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!