Gugus Tugas Covid-19 Magetan, Lakukan Tracking 18 Orang Kontak Erat Dengan Pasien Positif Corona


ARYA-MEDIA, Magetan – Timbulnya tambahan kasus positip corona di Kabupaten Magetan, yang menimpa kepada pasien laki-laki warga Kecamatan Karas, tim Gugus Tugas Covid-19 Kab Magetan melakukan trakcing kepada warga yang kontak erat dengan pasien tersebut.

Diketahui sebelumnya, pasien tersebut dirawat karena sakit penyerta dan sudah menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Magetan.

“Berdasarkan hasil tracking dinas terkait, pasien kesepuluh positip Covid-19 ini setahun sebelumnya berprofesi sebagai sopir. Tapi sudah hampir setahun ini karena kondisi fisik sering sakit, maka pasien itu hanya mengurusi rumahnya yang digunakan sebagai usaha kos-kosan,” kata Saiff Muhklisun, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kab Magetan, Sabtu (11/04/2020).

Dijelaskan Muhklisun, pasien tersebut sempat dirawat di klinik kesehatan selama beberapa hari, dan kemudian dirujuk ke Rumah Sakit kota Magetan. “Baru sehari dirawat di Magetan, pasien tersebut langsung dirujuk lagi ke RS Rujukan di Madiun, dan dinyatakan postip Covid-19 jumat kemarin,” jelasnya.

Selain itu, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kab Magetan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab Magetan, langsung bergerak cepat melakukan tracking kasus. “Semua yang berinteraksi langsung atau kontak erat, apalagi kontak serumah dengan pasien, semuanya dilakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan,” ujar Saif Muhklisun, Kepala Dinas Kominfo Kab Magetan, (11/04).

Dari hasil tracking tersebut, sebanyak 18 orang dilakukan pemeriksaan dengan tes swab, untuk dikirimkan ke laboratorium rujukan pemeriksaan Covid-19. “Hasil pemeriksaan langsung kita kirim ke laboratorium yang ditunjuk Pemerintah,” terangnya.

Sementara itu, sebagai upaya pencegahan memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19), Bupati Magetan mengintruksikan kepada Dinas terkait untuk melakukan percepatan penanganan sesuai protokol kesehatan seperti yang telah dilakukan terhadap wilayah yang sebelumnya terpapar Covid-19.

“Jangan ada perbedaan, lakukan seperti pengalaman kemarin di daerah yang warganya positip Corona yang sekarang sudah dinyatakan sembuh,” jelas Bupati Magetan melalui Saif Muhklisun, Sabtu (11/04).

Bupati juga menghimbau, kepada warga Magetan khususnya warga sekitar kediaman pasien kesepuluh positip Covid-19 jangan panik dan tetap tenang. Ikuti instruksi dan himbauan-himbauan Pemerintah. “Mari selalu berdoa, semoga daerah Megatan kita tercinta bisa terbebas dari pandemi global Covid-19 atau Corona,” pungkasnya. (Ren)

 2,311 total views,  5 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!