UA-163642268-1

Guyub Rukun Membangun Desa, Warga Pelem Jimpitan Lampu Jalan


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Pembangunan di wilayah pedesaaan, tidak bisa bisa mengandalkan dana pemerintah pusat yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Selain anggaran yang terbatas, di masa pandemi covid-19 saat ini, banyak anggaran pemerintah desa (Pemdes) terkena refokusing penanganan pandemi. Sehingga mengakibatkan terpangkasnya pembangunan infrastruktur.

Menanggapi hal itu, warga Desa Pelem Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan Jawa Timur, berinisiatif dengan melakukan swadaya atas kesadaran warga setempat. Salah satunya adalah dengan cara jimpitan sebagai wujud gotong royong membangun lampu penerangan jalan yang ada di RT.20/RW.04, desa setempat.

Baca Juga :  Dolfie Rompas : Berdamai dengan Covid-19, Direspon Positif

“Benar, warga desa RT.20/RW.04, melaksanakan kerja bakti pemasangan lampu penerangan jalan dengan biaya jimpitan,” Kata Sinyo, selaku ketua RT setempat, Minggu (13/06/2021).

Menurut Sinyo, kegiatan tersebut merupakan program swadaya masyarakat Desa Pelem, sekaligus upaya membangkitkan rasa kebersamaan dan gotong-royong antar masyarakat. “Penerangan jalan tersebut merupakan bentuk peningkatan sarana fasilitas umum di lingkungan RT.20, agar lingkungan menjadi aman, tertib dan indah,” jelasnya.

Baca Juga :  Karena Kurang Hati-Hati, 2 Remaja Bermotor Bertabrakan Di Jalan Raya Pangkur-Ngawi

Sementara itu, Kepala Desa Pelem, Eko Didik Handoko, mengaku bangga dan berterima kasih kepada warga masyarakat khususnya RT.20 RW.04. “Secara pribadi kami mewakili pemerintahan desa mengucapkan terima kasih atas swadaya dan gotong royong masyarakat. Ini sangat membantu pemerintahan dalam hal menciptakan kamtibmas,” ungkapnya, (13/06).

Didik berharap, budaya gotong royong tersebut dapat dipertahankan oleh warga Desa Pelem, tidak hanya dalam pembangunan desa namun juga direalisasi dalam sosial kemasyarakatan. Sehingga akan tercipta guyub rukun antar warga dalam mewujudkan keamanan, ketertiban, dan keindahan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Staf Kepresidenan : Program Sustainable Membedakan Organisasi, FKPRM Jatim Sambut Positif

Sebagai informasi, keberhasilan pembangunan lampu penerangan jalan di lingkungan RT tersebut ditutup dengan tasyakuran disertai doa dan makan bersama, sebagai wujud syukur masyarakat dalam rangka membantu pembangunan desa agar menjadi lebih baik lagi. (Ren)

 664 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!