Haji Kirun Menggelar Ruwatan Rutin Gratis Bagi Masyarakat, Dan Ternyata Istrinya Calon Legeslatif 2019


ARYA-MEDIA, Magetan – Tradisi tahunan yang terus dilakukan oleh pelawak kondang H. M. Syakirun atau dikenal dengan nama Kirun Cs adalah ruwatan. Kali ini kirun telah sebelas  kalinya menggelar ruwatan gratis bagi siapa pun yang percaya tradisi ini sebagai cara mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.

Dalam tradisi jawa orang yang keberadaannya dianggap mengalami nandang sukerto/berada dalam dosa, maka untuk mensucikan kembali, perlu mengadakan ritual tersebut. Dan seperti biasanya pada ruwatan kesebelas ini, dilakukan di padepokan seni kirun (PadSKi) di Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, dengan mendatangkan dalan kondang Ki Mantep Sudarsono dari Jawa Tengah dengan lakon Murwakala, Jum’at (5/10/2018).

Baca Juga :  Masyarakat Magetan Mengeluh, Begini Tanggapan Dinas PUPR

“Ruwatan itu tradisi dan semua daerah punya, hanya namanya berbeda? Tujuannya agar kita tidak lupa dengan budaya, dengan filosofi yang masih relevan. Kekuatan membangun bangsa itu budaya. Wong turis luar negeri ke Indonesia itu mencari budaya,” tutur Kirun pelawak yang terkenal dermawan itu.

Foto Lilis Sudartiningsih, Istri Dari Pelawak H. M Syakirun (Kirun).

Mengenai hal itu, Lilis Sudartiningsih, S.Pd sebagai istri dari pemilik padepokan Padski dan juga mencalonkan diri sebagai anggota dewan tahun 2019 Kab. Magetan mengatakan pada Arya-Media, bahwa ruwatan masal ini dilakukan setiap tahunnya. Dan ruwatan tersebut digratiskan untuk umum  bagi siapapun yang ingin mengikutinya atau ngruwat awak’e dewe (ruwat dirinya sendiri).

Baca Juga :  Pemilik Akun FB (MSK) Diadukan Ke Polisi, Lantaran Cuitannya Tuding Partai PDI Sarang PKI

“Tujuan ruwatan masal ini adalah untuk nguri-uri budaya leluhur, dan digratiskan untuk umum. Jadi sudah menjadi agenda rutin bagi masyarakat sekitar sini. Mereka juga menunggu jadwal dari padepokan seni kirun kapan akan dilakukannya ruwatan masal ini”, kata Lilis atau dikenal Lis Kirun (5/10).

“Dari tahun ke tahun jumlah peserta juga semakin meningkat mas, dan alhamdulillah antusias masyarakat semakin besar dan semakin banyak. Dan semoga apa yang kami buat ini menjadi berkah bagi kami sekeluarga dan warga masyarakat sekitarnya”,ungkap Lilis selaku Calon Anggota Dewan dari Partai Demokrat, Dapil III, dengan nomor urut 3, Kabupaten Magetan.

Baca Juga :  Karyawan PDAM Lawu Tirta Terjatuh ke Jurang Saat Perbaiki Pipa

Lanjutnya, “ Untuk peserta ruwat ada sekitar 300 peserta yang berasal dari beberapa wilayah, Madiun, Ngawi, Magetan, Nganjuk dan ada juga yang dari Surabya. Dan satu lagi mas, Saya juga mohon do’a restu dan dukungannya  kepada masyarakat, khususnya di Dapil III yaitu Kecamatan Barat, Kartoharjo, Karas Dan Karangrejo, semoga kedepan bisa membawa Magetan menjadi lebih baik lagi”, pungkasnya. (ren/redk)

 4,874 total views,  7 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!