UA-163642268-1

Harga Bahan Pokok Naik di Pasaran, Pemkab Magetan Sidak Pasar


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Bupati Magetan Suprawoto, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magetan, dan Kapolres Magetan, bersama instansi terkait, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) setelah adanya lonjakan harga kebutuhan pokok, di Pasar Sayur Magetan, Rabu (16/12/2020).

Lonjakan harga tersebut terjadi, menjelang Natal dan Tahun Baru 2021, lantaran stok dari pengepul mulai menurun.

Bupati Suprawoto mengatakan, menyambut hari besar nasional seperti Natal dan Tahun Baru, kondisi harga dan stok bahan kebutuhan pokok di sejumlah pedagang mengalami kenaikan. Hal itu merupakan hukum ekonomi dalam jual beli di pasaran.

Baca Juga :  Slogan Penyebar Semangat, Terpampang Dipunggung Personel Satgas TMMD 104

“Ini diakibatkan karena suplay bahan yang terbatas, dan harga di pasaran pasti naik lantaran permintaan semakin banyak,” kata Bupati Magetan, Rabu (16/12).

Dijelaskan Bupati Suprawoto, hasil pengecekan harga ke sejumlah pedagang Pasar Sayur Magetan, ada beberapa bahan pokok yang mengalami lonjakan harga. “Harga telur, minyak, cabai dan beberapa bahan pokok yang lain memang mengalami kenaikan, seperti telur yang biasanya 20 ribu, naik menjadi 27 ribu,” jelasnya kepada awak media.

Baca Juga :  Hendak Mencari Rumput, Warga Temukan Mayat Mengapung Di Waduk

Menurutnya, perubahan harga kebutuhan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru saat ini, menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat dalam menyiasati pengeluaran rumah tangga. “Kita harus pandai-pandai menyiasati dengan barang subsitusi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, jajaran Pemkab Magetan melakukan sidak harga bahan pokok di beberapa titik wilayah Kabupaten Magetan. Tim 1 dipimpin Bupati Magetan menuju lokasi gudang beras Enggal Jaya dan Pasar Sayur Magetan. Sedangkan rombongan Wakil Bupati (tim 2), meninjau Bulog gudang beras di Gulun Maospati dan Pasar Manisrejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. (Ren)

 1,885 total views,  4 views today

Baca Juga :  Tasyakuran dan Bersih Desa Mlandangan, Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!