google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

Hari Kanker Sedunia, Penyakit Kanker Bisa Disembuhkan


ARYA-MEDIA | NGAWI – Penyakit Kanker bisa disembuhkan, bila diketahui sedini mungkin dan tidak berlanjut ke stadium lanjutan. Hal itu diungkapkan oleh Endah Pratiwi Alit Jatmikowati, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi, Kamis (03/02/2021).

Menurutnya, deteksi dini untuk Kanker Servic, bisa melalui periksa Iva di Puskesmas terdekat dengan BPJS secara gratis, dan kalaupun umum biayanya pun terjangkau.

“Kita bisa mencegah penyakit tidak menular, salah satunya penyakit kanker ini,” kata Endah Pratiwi, Kamis (04/03).

Baca Juga :  PPWI Dukung Fahri Hamzah Soal Penghentian Penggunaan UU ITE untuk Bungkam Rakyat

Bertepatan dengan moment Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari, Endah Pratiwi mengajak masyarakat untuk mencegah penyakit kanker dengan pola hidup “CERDIK” (Cek Kesehatan, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Olah Raga, Diet Seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola Stres Dengan Baik).

“Penyakit kanker banyak diderita oleh kaum hawa, seperti kanker payudara dan kanker cervix (leher rahim). Maka dari itu, mari kita melakukan deteksi dini dengan periksa payudara sendiri sedini mungkin,” ujarnya kepada Arya Media, (04/03).

Baca Juga :  Kabar Gembira, Pelajar SMP Segera Tatap Muka

Dikatakan Endah, Hari Kanker Sedunia, masih sama dengan dua tahun sebelumnya, yaitu “I Am And I Will”, yang artinya sebagai komitmen diri untuk melakukan sebuah tindakan. “Diharapkan kepada masyarakat, bisa melakukan sesuatu untuk mencegah, mendeteksi, serta upaya mengobati kanker. Sesuai sub tema tahun ini yaitu “Together, all our actions matter,” jelasnya.

Baca Juga :  Tidak Jelas…, Kasus Bangunan Gedung Dinkes Sumenep 'Stagnan'

Sementara itu, penderita Kaker di Kabupaten Ngawi sebanyak 477 jiwa dengan jenis terbanyak yaitu kanker payudara dan kanker servic.

“Tujuan utama kita peringati Hari Kanker Sedunia adalah untuk menekan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan. Serta mendorong kesadaran masyarakat agar semakin peduli terhadap upaya-upaya pencegahan kanker,” pungkasnya. (Endik/Ren)

 404 total views,  11 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!