UA-163642268-1

Hari Keluarga Nasional : Kodim Magetan Terjunkan Personil Dukung Pelayanan KB MOW & MOP


ARYA-MEDIA, Magetan – Program 2 Anak Cukup bukanlah isapan jempol belaka, salah satu program Pemerintah dalam menjamin terkendalinya pertumbuhan penduduk guna wujudkan keseimbangan antara jumlah penduduk dan lapangan kerja, sehingga mengurangi jumlah angka pengangguran yang ada di Indonesia saat ini.

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional yang ke 26 tahun 2019, Kodim 0804/Magetan mendukung penuh  dengan menerjunkan prajuritnya  dalam kegiatan  bakti sosial pelayanan KB (MOW) dan KB (MOP), di RSUD dr. Sayidiman Magetan, Sabtu (13/7/2019).

Kegiatan pelayanan KB tersebut, merupakan kerjasama antara dinas BKKBN, RSUD Magetan dan Kodim 0804/Magetan, dengan metode pelayanan Medis Operatif Wanita (MOW) dan metode operasi pria (MOP), dengan diikuti  323 aseptor dari Keluaga Berencana yang tersebar di Kabupaten Magetan.

Baca Juga :  Pesan Ketua DPRD Magetan Pada Kades
Personil Anggota Kodim 0804/Magetan Dalam Membantu Pelayanan Pasien Di RSUD Sayidiman Magetan.

Kabid BKKBN Provinsi Jatim, Ajeng Lukito ST. MM  mengatakan, program kependudukan dan keluarga berencana ini merupakan upaya pengendalian penduduk untuk mewujudkan keluarga, kecil, sehat, bahagia dan sejahtera.

Ajeng juga berharap, seluruh pelaku pembangunan di daerah dapat menyadari bahwa, betapa strategis dan pentingnya program kependudukan dan keluarga berencana, yang dijadikan sebagai salah satu program prioritas. Karena program KB merupakan bagian dari pembangunan SDM yang berkualitas.

“Kita akan berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program KB, karena melalui program inilah kita dapat mengatur jarak kelahiran. Sehingga program KB ini akan menghadirkan terwujudnya keluarga kecil dan sejahtera,” terang Kabid BKKBN Provinsi Jatim, (13/7).

Baca Juga :  "Sambang Desa" Tampung Aspirasi Masyarakat Cari Solusi Representatif

Sementara itu, Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH. MSI menegaskan, bahwa Pemkab Magetan bersama  BKKBN dan Kodim Magetan, berupaya untuk melakukan berbagai pelayanan, baik pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi, serta pelayanan keluarga berencana gratis sampai ke tingkat desa.

“Kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Magetan,  khususnya kontribusi dalam pencapaian sasaran program kependudukan dan keluarga berencana Nasional, untuk meningkatkan semangat dan dan motivasi kita dalam membangun kab Magetan ini kearah yang lebih baik dan lebih sejahtera,” jelasnya.

Baca Juga :  Program P3TGAI 2019, Perbaiki Saluran Irigasi Desa Purworejo

Disisi lain, Dandim 0804/Magetan, Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy SE. yang turut hadir mendampingi Bupati Magetan mengatakan, keterlibatan TNI khususnya Kodim Magetan dalam program KB tersebut, merupakan wujud kepedulian TNI terhadap pengendalian perkembangan penduduk di Indonesia pada umumnya dan untuk Magetan khususnya.

“Apabila perkembangan penduduk tidak terkendali, tentunya akan sangat berpengaruh pada program-program pemerintah lainnya, seperti penyediaan sarana pendidikan, pangan dan lain-lain. Sehingga, tentu akan rawan terhadap rapuhnya keamananan negara<” tuturnya.

 

Dandim juga menambahkan, pihaknya akan selalu mendukung kegiatan pemerintah terkait program keluarga berencana, dan akan terus bersinergi bersama Dinas BKKBN untuk terjun langsung ke masyarakat dalam memberikan penyuluhan KB,” imbuhnya. (pen/redk)

 1,559 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!