Hari Raya Idhul Adha : Ribuan Lampion Menghiasi Magetan Di Malam Hari


ARYA-MEDIA, Magetan – Menyambut hari raya Idhul Adha atau biasa disebut hari raya kurban, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menggelar lomba takbir keliling berlampion. Diikuti beberapa sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat yang ada di Kabupaten Magetan, Sabtu (10/8/2019).

Terdapat 31 kelompok peserta dari tingkat SD, SMP, SMA sederajat, berbaris dan berkelompok menampilkan kreatifitas masing-masing dimulai start dari depan Pendopo Surya Graha dilihat langsung oleh Bupati Magetan beserta jajarannya.

Bupati Magetan Suorawoto mengungkapkan, kegiatan lomba takbir keliling berlampion, akan diadakan secara rutin tiap tahunnya. Untuk pemenang lomba takbir keliling berlampion di Magetan, bakal diikutkan pada lomba takbir ditingkat provinsi.

“Ini adalah kegiatan yang sangat positif. Kedepan, akan diagendakan sebagai kegiatan rutin tiap tahunnya. Bagi pemenang nanti akan kita ikutkan lomba takbir ke tingkat provinsi,” terang Bupati Magetan.

Disisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kab. Magetan, Suwata, selaku koordinator acara mengatakan, kategori dari peserta lomba tersebut, akan dinilai berdasarkan keindahan, kekompakan dan keseragamanya.

“Pemenangnya akan diambil tiga pemenang untuk juara 1,2 dan 3, dari masing-masing sekolah, baik dari SD, SMP sampai SMA. Penilainya, berdasarkan keindahanya, kekompakan, dan keseragamanya,” jelas Suwoto.

Suwata berharap, acara takbir keliling ini, dapat menjadikan pelajaran bagi anak didiknya dalam memaknai Idul Adha yang berarti berkurban untuk menebar kebaikan dengan cara menuangkan kreatifitas masing-masing.

“Harapan kami semua peserta lomba yang terdiri dari peserta didik di Kabupaten Magetan, dapat memaknai dan mengigatkan kembali nilai-nilai berkurban yang sebenarnya,” pungkasnya.

Sebagai Informasi, dari 31 peserta lomba takbir keliling berlampion tersebut dari tingkat SD untuk juara I diraih oleh MIN 3 Magetan, juara II SDN Selosari (Komplek 1,2,3), Juara III MIN 13 Baleasri. Kemudian untuk tingkat SMP, Juara I diraih oleh SMPN 3 Magetan, Juara II SMP 4 Magetan dan Juara III SMP 2 Magetan. Sedangkan untuk tingkat SMA, Juara I diraih oleh SMKN 2 Magetan,Juara II SMAN 2 Magetan dan Juara III SMKN 1 Magetan. (redk)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *