Himbauan Tidak Mudik, Sebanyak 136 Warga Kecamatan Karangrejo Memilih Pulang Kampung


ARYA-MEDIA, Magetan – Upaya untuk mencegah Penyebaran Corona Virus Desiase 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menghimbau kepada warga Magetan yang ada di perantauan agar menunda untuk tidak pulang kampung atau mudik. Hal itu tidak menuntut kemungkinan masih banyak warga Magetan di perantuan, dengan terpaksa harus pulang ke kampung halaman.

Salah satunya terjadi di wilayah Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Ada sekitar 136 orang perantuan dari berbagai daerah, dengan terpaksa memilih untuk mudik ke kampung halaman.

Kepala Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan, Boimin mengatakan, walaupun himbuan sudah diterbitkan agar warga masyarakat untuk menunda rencana mudik, namun banyak warga perantauan yang masih nekat mudik ke kampung halaman.

“Sebagai antisipasinya, desa-desa sudah menyiapkan tempat isolasi bagi pemudik yang nekat pulang ke kampung halaman. Setiap Desa sudah menyediakan tempat karantina, ada juga yang menganjurkan isolasi secara mandiri,” kata Boimin, Camat Karangrejo, Selasa (14/04/2020).

Dijelaskan Camat Karangrejo, sesuai data warga Kecamatan Karangrejo yang ada di perantuan sejumlah 1.251 jiwa. Semua itu terbagai di beberapa wilayah Indonesia, yakni daerah Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Jogjakarta, dan beberapa diantaranya berada di luar jawa.   

“Kalau sesuai laporan data pertanggal 7 April 2020, ada sekitar 44 pemudik yang pulang kampung di wilayah Kecamatan Karangrejo. Namun hingga sampai hari ini, sudah bertambah menjadi 136 orang yang mudik,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Kapolsek Karangrejo, AKP Ruwajianto membenarkan bahwa, data orang dari luar daerah yang tiba di wilayah Kecamatan karangrejo sebanyak 136 orang. “Kalo update mulai bulan Maret sampai April 2020, ada sebanyak 136 warga Kecamatan Karangrejo datang dari luar daerah,” ujarnya.

Selain itu, sesuai data yang diterima Kapolsek Karangrejo, dari 136 orang pemudik tersebut, untuk wilayah Kecamatan Karangrejo, didominasi dari Desa Kauman dan Kelurahan Manisrejo. “untuk pemudik yang pulang, didominasi dari Desa Kauman dan Kelurahan Manisrejo. Untuk yang nihil atau tidak ada perantauan yang mudik, hanya di Desa Gondang yang zero pemudik,” tutup Kapolsek Karangrejo. (Ren)       

 2,128 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!