HKTI Serahkan Bantuan Alat Pertanian, Sebagai Penyemangat Petani Saat Panen Raya


Magetan, Arya Media – Demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat sektor pertanian dalam kemandirian dan kedaulatan, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Timur bersama Dewan Pimpinan Propinsi (DPP) beserta Forkopimda Kabupaten Magetan menggelar panen raya bersama dan penyerahan bantuan dari Menteri Pertanian yaitu 1 traktor dan pompa air, bertempat di Desa Karangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, kamis(01/03/2018).

H Ahmad Nawardi selaku ketua HKTI Jatim menjelaskan tujuan dari panen raya ini adalah menunjukan kepada masyarakat khususnya petani agar tetap semangat untuk bertani, khususnya petani yang mempunyai lahan sawah kurang dari 2 hektar. HKTI juga akan menyerahkan bantuan sejumlah 5 traktor dan 5 pompa air kepada 10 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Magetan. Ke-10 alat mesin pertanian yang berasal dari bantuan menteri pertanian RI diserahkan langsung oleh ketua HKTI Jatim.

Baca Juga :  Nilep Uang Negara, Kades dan Sekdes di Mojokerto Masuk Bui

“Kami berharap agar bantuan 10 alat ini dapat membantu para petani dalam mengolah lahan pertaniannya, sehingga hasil panen bisa melimpah dan petani tidak bingung untuk memasarkan hasil panennya,” ungkap Ahmad Nawardi.

Terkait dengan harga gabah yang sekarang merosot, HKTI berharap kepada pemerintah mulai dari Dinas Pertanian Kabupaten Magetan, Provinsi dan Menteri Pertanian agar cepat turun tangan. Supaya harga gabah tidak terus merosot. Dan pemerintah harus turun tangan terkait harga gabah yang merosot dibawah HPP. Supaya petani tidak merugi, maka harga gabah harus naik diatas HPP, yaitu sekitar Rp 4.200 per Kg gabah kering.

Baca Juga :  ICN Peduli Yang Memikat Citizen Peduli Sosial Rayakan HUT Ke-1

“Kalau harga gabah dibawah pokok penjualan ini sudah darurat dan kasihan para petani kalau harga gabah sudah dibawah HPP,” pungkasnya.

 315 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!