Hujan Selama 1 Jam Lebih, Membuat Air Sungai Meluap Genangi Rumah Warga


ARYA-MEDIA, Bojonegoro – Hujan deras, mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Hal itu berdampak pada wilayah Desa Sumlaran, Kecamatan Malo, hingga membuat banjir wilayah tersebut. Sabtu (1/2/2020).

Hujan yang dimulai sejak pukul 16.45 WIB hingga pukul 18.30 WIB, mengakibatkan beberapa rumah warga terendam banjir.

Dari laporan Bintara Pembina Desa (Babinsa) setempat, Kopda Puntiono mengatakan, bahwa air hujan tersebut, memasuki rumah warga dengan ketinggian air 10-15cm. Selain itu, air akibat hujan ini juga menggenangi areal persawahan yang ditanami padi seluas kurang lebih 5 hektar.

“Kami menghimbau kepada warga agar selalu waspada, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Segera laporkan, jika terjadi suatu musibah seperti banjir atau lainnya kepada pihak terkait,” ujarnya. (2/1).

Ditambahkan Kopda Puntiono, bahwa banjir luapan sungai kecil dari pegunungan sebelah utara desa setempat berangsur surut. Namun, jalan poros utama diantara Kecamatan Malo dan Kecamatan Trucuk masih tergenangi air. “Banjir mulai surut, namun jalan poros masih tergenang air,” jelasnya.

Sementara itu, dari hasil pendataan cepat Babinsa Desa setempat, dampak dari genangan air akibat luapan sungai yang masih menggenangi tiga rumah milik warga di Kecamatan Malo dengan ketinggian air 10-15 cm diantarananya adalah, Rumah milik Sarwan (74), warga RT. 001/RW. 001 Desa Sum larangan. Juwar (58), warga RT. 001/RW. 001 Desa Sumlaran, dan rumah Sunoto (34), warga RT. 001/RW. 001 Desa Sumlaran.

“Air juga menggenangi satu Masjid dengan ketinggian air 10-15 cm, dan jalan poros Kecamatan Malo dengan ketinggian air 30-40 cm,” pungkasnya. (Pen/Redk)

 357 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!