Ibu dan Anak Mengidap Penyakit, Keluarga Petani di Magetan Butuh Uluran Tangan


ARYA-MEDIA, Magetan – Kisah menyedihkan menimpa Sunarsih (37) dan anaknya Riyanti Nurhafizah (1,5), warga Desa Baluk, Rt.01/Rw.02, Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan Jawa Timur.

Sunarsih yang hanya istri dari seorang petani, harus mengidap penyakit yang tidak biasa yaitu Autoimun Psoriasis (peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas), yang disebabkan karena autoimun tubuh yang menyerang sel-sel kulit yang sehat.

Sedangkan balita Riyanti hanya tergolek lemas, dengan kondisi ganguan gizi buruk serta kesulitan untuk menelan makanan, karena dilahirkan secara premature (sekitar 31 minggu). Dan mereka berdua membutuhkan bantuan dan biaya yang tidak sedikit untuk pengobatan satu keluarga.

“Ini saya alami kurang lebih 2 tahunan, dan selama itu pula kami berusaha mencari obat untuk kesembuhan penyakit saya. Apalagi anak kami yang lahir belum cukup bulan juga mengalami gizi buruk, jadi kami sudah habis-habisan,” kata Sunarsih, Rabu (19/8/2020).

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto yang mendengar hal itu, langsung menyambangi rumah Sunarsih yang berada di Desa Baluk Kecamatan Karangrejo, dengan memberikan bantuan untuk meringankan beban warganya.

Kedatangan Bupati Suprawoto didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Magetan, menyampaikan rasa simpati kepada keluarga Sunarsih yang mengidap penyakit Autoimun Psoriasis, dan anaknya yang mengalami gizi buruk.

“Ini yang bersangkutan sudah ditangani di rumah sakit daerah sesuai prosedur untuk kesembuhanya, dan di Magetan belum ada yang bisa menangani. Oleh sebab itulah, dari pihak Puskesmas Karangrejo sudah merujuk ke Rumah Sakit Ngawi. Jadi, beliaunya harus rutin berobat kesana yang kebetulan dekat dari Magetan,” kata Bupati Suprawoto, Rabu (18/8).

Bupati Suprawoto mengungkapkan bahwa, Pemkab Magetan akan berusaha mencari solusi terkait pengobatan warganya yang sedang mengalami musibah. Kebetulan pasien tersebut sudah tercover oleh BPJS dari Pemerintah.

“Setiap manusia pasti menerima cobaan yang berbeda- beda. Oleh karena itulah kita harus selalu sabar dan ikhtiyar dalam menghadapinya,” jelas Bupati Magetan.

Sementara itu, karena penyakit ini butuh pengobatan yang panjang serta dana yang tak sedikit, maka bagi masyarakat yang peduli dan ingin memberikan bantuan terhadap keluarga Sunarsih, bisa disumbangkan langsung ke Rekening BRI (3875-01-012997-53-8) atas nama SUNARSIH. (Ren)

 25,574 total views,  8 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!