Icon Unik Subluk Raksasa Membuat Warga Dan Pengguna Jalan Tercengang


ARYA MEDIA, Banyuwangi – Berbagai macam dan bentuk simbul atau icon tiap kota pasti berbeda-beda, sebagai bentuk simbul suatu kawasan dimana tujuannya memberikan informasi kepada masyarakat umum.

Ini terlihat kalau dari arah jalan raya Banyuwangi menuju Jember, sebelum belokan 50 meter kanan jalan tampak sebuah alat penanak nasi (subluk) ukuran raksasa. Tempat keberadaan barang mirip alat penanak nasi (subluk) tersebut berada di taman Kantor Kecamatan Kalibaru Banyuwangi.

Menurut salah satu staf Kecamatan, barang menyerupai alat penanak nasi dengan ukuran raksasa tersebut, sengaja dipasang sebagai icon bahwa di Kecamatan Kalibaru banyak home industri yang memproduksi alat-alat rumah tangga, yaitu mencakup kebutuhan ibu-ibu rumah tangga.

Baca Juga :  Empat Orang Pemakai Sabu Digelandang Polisi

Begitu banyak warga yang lalu lalang jadi tercengang dan heran begitu melihat alat penanak nasi (subluk) raksasa terbuat dari bahan sejenis logam stainless yang kurang lebih dengan diameter 3 meter dan tinggi 6 meter. Andai itu sungguhan untuk menanak nasi, kira-kira berapa kwintal beras yang dibutuhkan, dan berapa lama masaknya ya..?

Saat ditanya pada salah satu warga yang berada disekitarnya Sunanto mengatakan, “Saya kaget mas, ada subluk penanak nasi sebesar itu, gak kebayang bila digunakan buat masak habis berapa kwintal berasnya. Ternyata itu buat simbul wilayah sini, bahwa banyak home industri yang perlu diperhatikan oleh pemerintah, agar bisa berkembang pesat, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat”, tuturnya.

Baca Juga :  Bernasib Sial, Tujuh Remaja Keracunan Saat Buka Puasa Bersama

Melengkapi informasi, awak media sambangi para pemilik Home Industri yang tidak jauh dari Kantor Kecamatan, tepatnya di Dusun Tegal Pakis. Ternyata benar adanya disepanjang jalan raya sekira 1 km sisi kanan dan kiri jalan raya ada aktifitas pekerja di tiap rumah warga. Yang menarik lagi suara hantaman palu yang saling bersautan terdengar seperti instrumen alat musik yang dimainkan oleh satu grup, membuat suara benturan antara palu besi dengan bahan yang juga dari logam terasa bising di telinga, merubah suara menjadi alunan suara yang enak didengar.

Baca Juga :  Piala Dunia Indonesia, FKPRM Ajukan Kerjasama Media Partner Publikasi Kepada Kemenpora

Home industri yang ada di Dusun Tegal Pakis, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi tersebut, banyak menyerap tenaga kerja tentunya dengan keahlian masing-masing. Dan terlihat nampak para peminat atau konsumen yang ingin beli, banyak dari luar Kecamatan bahkan luar Kabupaten Banyuwangi. (rdy35/ops/redk)

 1,198 total views,  17 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!