Idul Adha : Disnakan Magetan Berikan Layanan Pemotongan Hewan Kurban Secara Gratis


ARYA-MEDIA, Magetan – Menyambut Hari Raya Idul Adha tahun 2020 atau 10 Zulhijah 1441 H, yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan), monitoring pengecekan kesehatan ternak hewan di seluruh pasar hewan yang ada di wilayah Kabupaten Magetan.

“Seminggu menjelang hari H, kita mulai melakukan monitoring cek kesehatan hewan, serta memberikan surat keterangan sehat bagi hewan, baik dipasar-pasar hewan maupun di tempat penampungan penjual hewan di Kabupaten Magetan,” kata Kepala Disnakan Magetan, Kustini melalui Pramono selaku Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner.

Disnakan juga memberikan Fasilitas Pemotongan Hewan kurban selama Empat hari secara gratis, bagi warga masyarakat yang akan memotong hewan kurban di rumah Pemotongan Hewan (RPH), di Jalan Samoedra, Kelurahan Bulukerto, Kecamatan/Kabupaten Magetan Jawa Timur. “Untuk pemotongan hewan kurban di RPH, diberikan gratis selama 4 Hari, Namun, sayang, kuotanya saat ini sudah penuh” ungkapnya.

Selain itu, edukasi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, juga dilakukan Disnakan Kabupaten Magetan sebagai pelayanan masyarakat, terkait tatacara penyelengaraan kegiatan jual beli hewan kurban baik kepada penjual dan pembeli.

“Sosialisasi penerapan protokol kesehatan juga kita lakukan, seperti jaga jarak fisik (physical distancing),penerapan higiene personal. Yaitu mengunakan masker, penyediaan tempat cuci tangan, pengukuran cek suhu tubuh, dan juga penyediaan hend sabitizer di setiap pintu masuk di tempat penjualan hewan kurban,” terang Pramono.

Sebagai antisipasi pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Magetan, Dinas Peternakan juga memberikan aturan tata cara penyembelihan hewan kurban yang benar sesuai prokes covid-19. “Surat Edaran (SE) sudah kami sebarkan ke seluruh Kecamatan dan Desa, bagaimana teknik pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan prosedur protokol kesehatan,” pungkasnya. (Ren)

 423 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!