UA-163642268-1

Inspiratif Petani Magetan : Tanam Semangka Premium Kanigara F1, Hasilkan Puluhan Hingga Ratusan Juta Rupiah


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Seorang petani Kabupaten Magetan Jawa Timur, menuai sukses setelah mencoba budidaya buah semangka jenis premium, dengan varietas bibit Semangka Kanigara F1, besutan PT Tunas Agro Persada asal Demak Jawa Tengah

Hal itu diarasakan oleh salah satu petani binaan Tunas Argo, yaitu Muhammad Arifin selaku Pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Mamba’ul Ulum, bertempat di Dukuh Balegondo, Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan.

Muhammad Arifin mengaku, bahwa dirinya mengenal perusahaan bibit nasional tersebut ketika ada tawaran menanam semangka jenis premium (Kanigara F1), lengkap dengan bimbingan penuh dari Tunas Agro setiap minggunya, serta pelatihan cara menanam semangka untuk memberdayakan para santri untuk bertani.

Baca Juga :  Ratusan Pelajar Ikuti Seleksi Pemilihan Bagus Dyah Tahun 2019

“Dari penanaman modal sekitar 4 jutaan, dapat meraup keuntungan puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Ini sangat menguntungkan sekali untuk pesantren dan kami jadi bersemangat untuk menanam lagi,” kata M Arifin, Senin (19/4/2021).

Sementara, Direktur Marketing PT Tunas Agro Persada, Cipto Legowo menjelaskan, bahwa dengan luas lahan sekitar 2000 meter persegi dengan jangka waktu 70 hari, petani dapat menghasilkan 7 kali lipat keuntungan dari modal yang dikuarkan. Pun petani tersebut bisa memanen semangka jenis premium sebanyak 16 ton dalam satu kali tanam.

Baca Juga :  HUT ke-38 PDAM Lawu Tirta Manfaatkan Untuk Berbagi, Bupati Berpesan 'Berikan Layanan Terbaik Kepada Pelanggan'

“Benar, karena dalam satu pohon dapat berbuah sekitar 3 – 4 buah semangka. Dengan harga jual sekitar Rp. 6000 perkilo, petani tersebut bisa maeraup keuntungan puluhan sampai ratusan juta rupiah dalam satu kali panen,” Jelasnya.

Selain itu, perusahaan benih nasinal tersebut ingin memberdayakan petani Magetan yang memiliki lahan terbatas agar lebih produktif. Pihaknya ingin berbagi ilmu dengan produk yang eksklusif dengan menanam bibit buah semangka varietas unggul, yang mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan semangka lainnya.

Selain itu, hasil panen dari petani binaan Tunas Agro tersebut, didistribusikan ke pasar modern atau toko buah modern dengan harga relatif stabil. “Semoga dengan adanya kegiatan dapat berkelanjutan untuk Kabupaten Magetan. Sehingga nantinya dapat menjadi sentral produksi buah premium dengan bibit varietas unggul,” ungkap Cipto, saat meninjau hasil panen dari petani binaannya, Senin (19/4).

Baca Juga :  Polri Lauching SP2HP Online, Jaminan Akuntabilitas Tranparansi Penyidikan

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kab Magetan, Uswatul Chasanah, yang ikut hadir dalam acarat tersebut mengaku sangat mengapresiasi dengan terobosan PT Tunas Agro Persada, yang dapat menginspirasi para petani lainnya di Kabupaten Magetan.

“Semoga kedepan, para petani lainnya secara perlahan dapat beralih ke tanaman yang lebih menguntungkan, seperti semangka Kanigara ini. Karena, memiliki pangsa pasar yang berbeda dengan harga relatif stabil,” pungkasnya. (Rwy/Ren)

 6,002 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!