UA-163642268-1

Jalan Rusak Akibat Galian, Pemkab Magetan Siapkan 4 Milyar Untuk Pengecoran


ARYA-MEDIA, Magetan – Setelah lama rusak akibat galian, jalan kabupaten yang menghubungkan antara dua Desa di Kecamatan Karas dan Karangrejo, Kabupaten Magetan, bakal menggelinding layaknya jalan Tol.

Sebelumnya, tiap tahun untuk jalan Karas-Prampelan dialokasikan pemeliharan akan tetapi tidak sebanyak tahun 2019. Sedangkan tahun ini, Pemkab Magetan akan melakukan perbaikan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan, yaitu Desa Bontoro Kecamatan Karas dengan Desa Prampelan Kecamatan Karangrejo, tepatnya berakhir sampai di Dusun Kutugandri Desa Kauman Kecamatan Karangrejo, Kab. Magetan.

“Sebetulnya tahun 2018 kita sudah alokasikan dana untuk pemeliharaan namun tidak banyak. Dan tahun ini, Pemkab Magetan sudah menyiapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 sebesar 4 Milyar, sekarang sudah tahap perencanaan”, kata Hergunadi Kepala Dinas PUPR Kab. Magetan melalui Kabid Bina Marga Muhtar Wakid, Rabu (27/2/2019).

Baca Juga :  Hari Ke-3 "Pameran Produk Unggulan", Ribuan Pengunjung Masih Memadati Lapangan Desa Baluk

Muhtar menjelaskan, melihat kondisi jalan yang rusak parah, rencananya akan dilakukan pengecoran sepanjang jalan yang melintasi dua Kecamatan tersebut. “Jalan mulai Desa Bontoro menuju Dusun Kutu Gandri Desa Kauman, akan diperbaiki dengan cara di cor”, terangnya.

Ir. Muhtar Wakid, Kabid Bina Marga, Kab. Magetan

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kab. Magetan mengungkapkan, selain pengecoran jalan, jalan yang rusak akibat proyek galian C yang tidak bertanggungjawab bakalan diperlebar seperti pusat ekonomi dan pusat Pemerintahan desa-desa lainnya. “Untuk pusat ekonomi dan Pemerintahan Desa bakal kita benahi seperti pusat-pusat desa lainnya, maka pengecoran jalan setebal 20 cm dengan panjang kurang lebih 2 kilometer tersebut, selain diperbesar dengan lebar 5 meter, akan dilengkapi dengan trotoar, sesuai kontruksinya”, jelasnya kepada Arya-Media (27/2).

Baca Juga :  DANREM 083 DAMPINGI KASDAM V/BRW SAMBUT KASAD SINGAPURA

Muhktar menambahkan, pelaksanaan proyek jalan tersebut, direncanakan mulai bulan Mei mendatang. “Saat ini kita masih DID, mungkin sekitar bulan April sudah di lelang, kalau menurut scehdulnya Mei-Juni sudah dapat dilaksankan”, imbuhnya.

Senada dengan Camat Karas, Arief Ridwan menuturkan, bahwa jalan yang melintasi Desa Bontoro sampai Dusun Gandri Kauman, bakal diperbaiki tahun 2019 ini. ” Sosialisasi dari pihak DPUPR sudah dilakukan, dan masyarakat sudah sepakat dengan rencana Pemkab terkait pengecoran dan pelebaran jalan tersebut”, pungkasnya. (ren)

 2,649 total views,  4 views today

Baca Juga :  Temu Relawan Penanggulangan Bencana BPBD Ngawi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!