Jelang Akhir Tahun 2019, Pemdes Tepas Selesaikan Pembangunan TPT di 2 Lokasi


ARYA-MEDIA, Ngawi – Menghadapi akhir tahun 2019, Pemerintah Desa (Pemdes) Tepas, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, selesaikan pembangunan insfrastruktur desa dengan merealisasikan Dana Desa (DD) tahap III tahun 2019 untuk pembangunan Tanggul Penahan Tanah (TPT) di Dusun Satrean II dan Dusun Tepas III Desa setempat.

“Untuk kahir tahun ini, dana desa tahap tiga 2019, diantaranya dimanfaatkan untuk Pembangunan TPT di dua titik lokasi. Yakni, Dusun Satrean dua dan Dusun Tepas tiga,” ujar Kepala Desa Tepas, Budi Raharjo, kepada Arya Media, Senin (16/12/2019).

Kepala Desa (Kades) Tepas mengatakan, pembangunan TPT tersebut difungsikan sebagai penahan tanah (talud) pada masing-masing sisi jalan desa. “Kami menggunakan Dana DD dan ADD tahun 2019 yang sudah melalui Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes). Yaitu merupakan usulan dari masyarakat yang bersifat swadaya berupa dukungan kemauan dan kemampuan dalam bentuk partisipasi baik pelaksanaan maupun pemeliharaan dan peningkatan,” terangnya.

Pembangunan TPT (Talud) di Dusun Satrean II, Dengan Cara Swakelola Melibatkan Warga Desa Setempat.

Dalam rencana pembangunan, Pemdes Tepas menyesuaikan dengan juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis) dari perencanaan. Sehingga, hasil pembangunan menjadi maksimal dan dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Tepas dalam kondisi lama (awet).

“Pembnagunannya disesuaikan dengan RAB. Untuk Dusun Satrean III, panjangnya 204 meter x 2, dan tinggi 60 cm, dengan anggaran sebesar Rp.   90.556.000,-. Kemudian pada Dusun Tepas III, sepanjang 51 meter x 2, dengan tinggi bangunan 80 cm, menggunakan dua anggaran yaitu DD Rp. 50.602.880,- dan ADD Rp.    24.748.620,-,” jelas Budi Raharjo.

Selain itu, teknis dalam pelaksanaan pembangunan, pihak desa menggunakan sistem swakelola dengan melibatkan masyarakat desa setempat. “Terimakasih kepada masyarakat Desa Tepas atas dukungan dan kerjasamanya. Mari kita jaga dan pelihara bersama-sama, untuk hasil dari pembangunan ini agar dapat dirasakan oelh anak cucu kita,” pungkasnya. (ren)

 598 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!