Jelang Lebaran, Pemdes Ronowijayan Bagikan BLT DD Kepada 53 KPM “Tunai”


ÀRYA-MEDIA, Magetan – Desa Ronowijayan Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan, membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) program Pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-29. Kamis (21/5/2020).

Bertempat di Balai Desa setempat, sebanyak 53 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah menerima BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) secara tunai sebesar Rp 600 ribu selama 3 bulan kedepan, terhitung mulai bulan april, Mei, dan Juni.

“Warga penerima manfaat, sebanyak 53 KPM. Puluhan warga penerima BLT tersebut, telah dipilih oleh masayarakat Desa Ronowijayan dan dinyatakan berhak untuk mendapatkan bantuan,” kata Sunarto, Kepala Desa (Kades) Ronowijayan, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Kades menjelaskan, sesuai himbauan dari Pemkab Magetan, kategori penerima bantuan tersebut mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) nomor 13 Tahun 2020, tentang Indikator Kemiskinan di Wilayah Kabupaten Magetan.

“Masyarakat desa sini rata-rata buruh tani. Semua warga yang mendapatkan bantuan Pemerintah ada beberapa kriteria, diantaranya 33 orang menerima BST Kemensos, BLT DD 53 orang, bantuan perluasan 37 orang, penerima BPNT sebanyak 53 orang, dan PKH sekitar 15 orang,” jelas Sunarto, kepada Arya Media, Kamis (21/5).

Disisi lain, Mbah Paniyem (85 tahun) salah satu penerima BLT DD, warga Rt.06/Rw.02 desa setempat mengungkapkan kegembiraannya karena telah mendapatkan bantuan tersebut. Ia mengaku selama ini belum pernah menerima bantuan apapun dari program Pemerintah.

“Kulo mboten nate angsal bantuan mas, nembe sepindah niki kulo angsal bantuan. Alhamdulillah niki angsal yotro, ajenge kulo damel tumbas beras. (Saya gk pernah dapat bantuan mas, baru kali ini saya dapat bantuan. Alhamdulillah, ini saya dapat uang, mau saya buat beli beras),” ucap Mbah Wagiyem dengan bahasa jawanya, (21/5).

Selain itu, ucapan terima kasih yang tulus juga dilontarkan oleh Mbah Wagiyem, karena selama ini Mbah Wagiyem hanya hidup sebatang kara tanpa ada keluarga yang mendampingi.

“Terima kasih banyak kepada Pemerintah Desa Ronowijayan, karena hari ini saya telah mendapatkan bantuan uang. Saya hanya berdiam diri di rumah, maklum sudah sepuh. Jadi kalau makan biasanya diberi anak cucu saya,” pungkasnya. (Ren)

 877 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!