Jelang Lebaran, Stok Pangan di Magetan Aman Sampai 4 Bulan


ARYA-MEDIA, Magetan – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan memantau ketersediaan kebutuhan pokok stock beras, dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) tempat penyimpanan beras di wilayah Kabupaten Magetan, Rabu (20/5/2020).

Rombongan Pemkab yang dipimpin langsung Bupati Magetan Suprawoto, didampingi jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Magetan, meninjau langsung gudang Bulog Magetan yang berada di Jalan Raya Maospati-Glodog, tepatnya di Desa Gulun Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan.

“Untuk 4 bulan kedepan, stok pangan di Magetan aman. Per hari ini, ada 1400 ton beras yang ada di gudang Bulog Magetan, dan ini adalah hasil dari para petani Magetan,” kata Suprawoto, Bupati Magetan, Rabu (20/5).

Bupati Suprawoto menjelaskan, sirkulasi stok beras yang masuk Bulog Magetan, mencapai 70 ton/hari. Belum lagi penggilingan padi yang ada di wilayah Kabupaten Magetan, semuanya masih penuh dengan kebutuhan beras. “Apalagi Magetan sekarang ini musim panen raya, jadi stok beras masih aman. Namun hanya stok yang agak berkurang adalah gula pasir,“ jelas Bupati Magetan.

Sementara itu, David Susanto, selaku kepala gudang Bulog cabang Ponorogo yang meliputi Pacitan, Magetan dan Ponorogo, mengungkapkan bahwa, stok beras yang ada di gudang Bulog Kabupaten Magetan masih cukup aman. Sebanyak 1400 ton beras yang berada dimiliki Bulog Magetan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat hingga sampai 4 bulan kedepan.

“Setiap harinya, kita ada pemasukan pengadaan beras 70 ton perhari. Belum lagi pada bulan Juni akan ada penambahan sekitar 80-90 ton perhari. Jadi untuk stok kebutuhan beras di Magetan masih aman untuk beberapa bulan kedepan,” ungkapnya.

David memastikan, dalam menghadapi pandemi Covid-19 di wilayah Magetan, tidak mempengaruhi ketersediaan stok pangan yang ada di Magetan. Karena Magetan saat ini sedang musim panen raya.

“Kalau harga masih relatif stabil, untuk beras medium bekisar Rp 9.400 perkilonya. Sedangkan untuk stabilitas harga di pasaran, Bulog Magetan mengeluarkan 15-20 ton perhari,” pungkasnya. (Ren)

 248 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!