Jelang Natal dan Tahun Baru 2020, Pemkab Magetan Sidak Pasar Tradisional


ARYA-MEDIA, Magetan – Jelang Natal 2019 dan Tahun baru 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) kebutuhan bahan pokok di beberapa pasar tradisional Kabupaten Magetan, Kamis (19/12/2019).

Antisipasi naiknya harga kebutuhan bahan pokok di pasaran, menjadi perhatian Pemkab Magetan dengan melakukan pengecekan langsung Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan.

Dari pantauan Arya Media, Wakil Bupati (Wabub) Magetan, Nanik Endang Rusminiarti mengatakan, hasil sidak di Pasar Sayur Magetan, ditemukan beberapa bahan kebutuhan sehari-hari mengalami kenaikan. Diantaranya, sayuran dan lauk pauk seperti ikan dan daging juga mengalami kenaikan.

“Sayuran Kentang dan wortel naik sekitar Rp 1000 rupiah, tapi untuk sayur kol justru turun. Sedangkan ikan lele dan bandeng justru stabil, tapi untuk Nila naik Rp. 3 ribu,” jelas Wabub, saat Sidak di Pasar Sayur Magetan, Kamis (19/12).

Selain beberapa sayur dan lauk pauk mengalami kenaikan, terdapat juga beberapa kebutuhan pokok yang naik, seperti beras, minyak goreng, gula pasir dan telur ayam. “Untuk sembako, beras naik Rp. 500 rupiah,minyak goreng naik sekitar Rp.1000. Sedangkan telur ayam iyang paling banyak naiknya, dari semula Rp. 22 ribu sekarang menjadi Rp. 25 ribu. Gula pasir juga sama, semula Rp 11.500 kini naik menjadi Rp. 13 ribu,” ungkap Nanik Endang Rusminiarti atau dikenal Nanik Sumantri.

Menanggapi hal itu, Wabup berharap, dengan kenaikan harga tersebut meminta jajaran dinas instansi terkait untuk menyelidiki penyebab kenaikan harga tersebut, agar harga kebutuhan pokok di pasaran menjadi stabil.

“Kita sidak ini bersama dinas instansi terkait, agar semua tahu kondisi pedagang, kenapa ada kenaikan dan karena apa. Agar sama-sama mencari jalan keluar, supaya harga secepatnya kembali stabil,” jelas Wakil Bupati Magetan.

Diketahui bahwa, tim pantau Pemkab Magetan dibagi menjadi dua kelompok. Tim pertama (I) dipimpin Bapak Bupati Magetan Suprawoto beserta rombongan, melakukan sidak di Pasar Gorang – gareng dan Parang. Sedangkan, tim kedua (II) yang dipimpin oleh Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti, memantau harga di pasar sayur dan pasar Maospati Kabupaten Magetan. (Ren)

 864 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!