Jelang Pilkades 2019 di Magetan, 25 % Desa Inginkan E-Votting


ARYA-MEDIA, Magetan – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 27 November 2019 di Kabupaten Magetan, berbanding terbalik dengan kondisi sebelumnya. Karena, rencana pelaksanaan politik tingkat desa dengan sistem Manual dan E-Votting, menjadi gejolak permasalahan khususnya Pilkades E-Votting.

Setelah sosialisasi E-Votting dilakukan di 18 Desa yang sudah ditentukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, banyak Kepala Desa (Kades) yang ingin mengajukan E-Votting. Hal itu terjadi karena begitu mudahnya pelaksanaan E-Votting tersebut.

Bagaimana tidak, sosialisasi yang dilakukan Pemkab Magetan, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), begitu mudahnya cara E-Votting yang dilakukan oleh warga masyarakat. Bahkan, bagi warga dengan usia diatas rata-rata sekalipun, dapat melalui proses pelaksanaan sosialisasi E-Votting dengan mudah dan gampang.

Eko Muryanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Magetan.

Kepala DPMD Kabupaten Magetan, Eko Muryanto membenarkan, bahwa pasca sosialisasi E-Votting dilakukan, dari 184 Desa yang akan melaksankan Pilkades, terdapat 25 % Desa yang menginginkan Pilkades secara E-Votting. Tetapi Bupati Magetan, sudah menetapkan hanya 18 Desa seKabupaten Magetan yang melakukan Pilkades secara E-Votting.

“Memang benar, yang menyampaikan ke saya sudah ada 30 orang yang menginginkan untuk E-Votting. Semua itu diluar 18 Desa yang sudah ditentukan Pak Bupati,” kata Eko Muryanto, saat dikonfirmasi melalu pesan Whatsappnya, Senin (30/9/2019).

Ditempat terpisah, Kepala Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Muryani juga mengatakan, setelah sosoalisasi E-Votting di Kartoharjo bulan Juli lalu, terdapat 100 orang di usia tua, banyak yang mendukung pelaksanaan E-Voting, karena begitu mudah dan cepat. “Mereka begitu menikmati pelaksaan uji coba E-Votting, karena mudah dan cepat,” ungkapnya kepada Arya Media.

Selain itu, dalam sosialisasi E-Votting di Kartoharjo, dapat menghemat waktu dalam pelaksanaannya. “E-Votting itu sangat menguntungkan, begitu layar tombol pilihan ditekan, hasil langsung keluar. Sehingga estimasi waktu juga efisien, karena total hasil perhitungannya langsung diketahui,” jelas Muryani, Camat Kartoharjo.

Diinformasikan bahwa, Pemkab Magetan akan melaksanakan Pilkades serentak dengan sistem Manual dan E-Votting, pada tanggal 27 November 2019 mendatang. Dari 184 Desa seKabupaten Magetan, terdapat 18 Desa di 18 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades sistem E-Votting. Yaitu, diambil Desa dengan DPT terbanyak tiap-tiap Kecamatan. (ren)

#pulkades2019 #evotting #magetan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *