google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

“Jenggoro Karas” : Pemerintah Peduli ODGJ, 1 Penderita Sembuh dan Dipulangkan


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Sosial, memberikan fasilitas kepada penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), agar mendapatkan kesembuhan secara kemanusiaan baik jasmani maupun rohani.

Melalui kerjasama lintas sektor, Kecamatan Karas Kabupaten Magetan memberikan pelayanan secara gratis penanganan ODGJ yang diberi nama “Jenggoro Karas” (Jemput Nganggo Rasa Kersane Enggal Waras). Pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk dikirimkan ke Rumah Sakit Jiwa, agar penderita gangguan jiwa mendapatkan perawatan.

“Kita mencoba kerjasama lintas sektor dengan Dinsos, Puskesmas, Dinkes, TNI dan Polri, untuk memberi pelayanan yang baik bagi orang yang mengalami gangguan jiwa,” kata Dian Miko, Kepala Kecamatan Karas Kab Magetan, Kamis (17/9/2020).

Program besutan dari Camat Karas tersebut, berusaha menjembatani warga masyarakat dikarenakan kebanyakan penderita ODGJ berasal dari keluarga kurang mampu (Miskin). “Kita hanya memfasilitasi dengan pengiriman ke RSJ menur. Tapi sebelumnya kita analisa dulu, apakan penderita masuk kategori ringan, sedang, atau berat,” ujar Miko.

Dari pantauan Arya Media dilokasi, Kecamatan Karas telah mengirimkan 2 orang penderita ODGJ secara komulatif kepada Rumah Sakit Jiwa Menur yang berada di Surabaya. “Dari pengiriman pertama kedua dan ketiga ada 2 orang. Alhamdulilah pagi ini kita juga menjemput 1 orang dari Desa Sumursongo yang sudah dinyatakan stabil oleh dokter jiwa,” jelas Camat Karas, (17/9).

Sementara itu, Camat Karas berharap dengan adanya program Jenggoro Karas ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penanganan ODGJ di wilayah Magetan. “Kita akan bentuk posyandu jiwa untuk ODGJ yang ringan, agar mendapatkan perawatan secara koperatif berupa ketrampilan. Sehingga mereka (penderita red) tidak spaneng dalam merelaksasi otak untuk mendapatkan kesembuhan,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Yayuk Sri Rahayu mengatakan, bahwa Pemerintah siap melayani masyarakat yang membutuhkan, khusunya bagi ODGJ yang ada di Kabupaten Magetan. “Setiap pengiriman, kita akan fasilitasi dan menghubungkan dengan pihak Rumah Sakit Menur agar dapat ditampung dan mendapatkan perawatan yang semestinya,” Pungkasnya. (Ren)

 1,587 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!