JKF 2019 Sukses di Magetan, Ditutup Sekjen Kementrian Kominfo RI Dengan Wayang Kulit


ARYA-MEDIA, Magetan – Jatim Kominfo Festival (JKF) tahun 2019 di Kabupaten Magetan, berjalan sukses dan lancar. Perayaan event Komunikasi dan Informasi (Kominfo) yang dimulai tanggal 1-4 Oktober 2019, berakhir dengan penutupan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, Ki Warseno Slank, Jum’at (4/10/2019).

Pagelaran edukasi informasi ini, ditutup secara simbolis oleh Rosarita Niken Widiastuti, M.Si selaku Sekertaris Jendral Kementrian Kominfo RI, dengan sajian pagelaran wayang kulit, dalang Ki Warseno Slank, dengan lakon “Kresna Duta”.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Magetan, Sekda Magetan, Ketua DPRD beserta jajaran Forkopimda Kab Magetan, Kepala Dinas Kominfo Pemprov Jawa Timur, serta dihadiri beberapa tamu undangan dari perwakilan Dinas Kominfo se-Jawa Timur, dan beberapa kepala OPD Kabupaten Magetan.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan dalam sambutannya, sebagai tuan rumah kegiatan Jatim Kominfo Festifal, sangat perlu dilakukan sebagai agenda rutin tiap tahunnya. Selain memberikan edukasi dalam mengolah informasi, dapat memberikan manfaat di beberapa bidang, khususnya bidang kesenian dan budaya, teknologi informasi, serta bidang perekonomian masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih, karena Magetan menjadi tempat digelarnya acara ini. Hal ini, menjadi pengalaman pertama kali untuk Pemerintahan Magetan, tentunya banyak manfaat dari Festival ini. Karena dengan acara JKF ini, Magetan semakin dikenal di seluruh Nusantara, bahkan sampai Luar Negeri,” kata Bapati Magetan, Jum’at (4/10).

Selain itu, dengan adanya siar Komunikasi Informasi Masyarakat (KIM), berdampak positif bagi masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Magetan. “Siar ini penting bagi seluruh masyarakat, khususnya warga Magetan. Karena sangat berdampak bagi warga Magetan, selain menjadi edukasi informasi, juga dapat menggerakkan perekonomian warga,” terangnya.

Ditempat yang sama, Sekjen Kementrian Kominfo RI, Rosarita Niken Widiastuti, M.Si juga menjelaskan, ajang Festival Kominfo kali ini, bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat sebagai cara menggunakan komukisasi secara efektif, efisien, cerdas dan bermanfaat. Dengan adanya segala bentuk informasi yang beredar saat ini, edukasi Kominfo dapat menangkis segala bentuk informasi negatif seperti Hoax, Ujaran Kebenxian dan Provokatif. Sehingga, dapat mempererat persatuan dan kesatuan NKRI.

“Banyak informasi negatif yang telah beredar kepada masyarakat, seperti Hoax, ujaran kebencian, serta provokatif, yang dapat memecah belah NKRI. Maka dari itu, sosialisasi Komukasi dan Informasi sangat diperlukan di era digitalisasi saat ini, karena menjadi edukasi masyarakat dalam menggunakan komunikasi secara cerdas, efektif, efisien, dan bermanfaat,” jelas Sekjen Kementrian Kominfo, (4/10).

Diakhir sambutannya, Seljen mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Magetan yang telah berkenan menjadi tempat dilaksanakan Jatim Kominfo Festival tahun 2019. “Terima kasih untu Magetan yang sudah berkenan menjadi tempat diadakannya Jatim Kominfo Festival tahun 2019 ini. Semoga kedepan dapat menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya,” pungkasnya.

Diberitahukan bahwa, Jatim Kominfo Festival (JKF) yang digelar selama empat (4) hari berturu-turut ini, dilaksankan di GOR Ki Mageti, tepatnya di Jalan Yosonegoro, Kabupaten Magetan. Dalam pagelaran tersebut, dibuka grand opening oleh Wakil Gubernur Emil Dardak, dengan diikuti seluruh perwakilan Dinas Kominfo se-Jawa Timur. (ren)

#kominfo #magetan #KIM #JKF2019 #JatimKominfoFestival


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *