UA-163642268-1

KADARKUM : TMMD Ajak Masyarakat Sadar Akan Hukum


ARYA-MEDIA, Magetan – Untuk mewujudkan ketertiban, ketentraman dan keadilan menuju perubahan kehidupan sosial yang lebih berkualitas, Satuan Tugas TMMD Reguler Ke 104 Kodim 0804/Magetan menggelar acara penyuluhan hukum kepada masyarakat. Bertempat di Balai Desa Poncol, Kecamatan Poncol, Kab. Magetan, Senin(11/3/2019)

Melalui momentum sosialisasi hukum dalam mendukung program TMMD ke-104, saat yang tepat untuk kembali melakukan introspeksi diri dan melakukan evaluasi terhadap berbagai upaya menumbuhkan kesadaran hukum di tingkat keluarga, masyarakat, serta mengimplementasikannya dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Kondisi ini cukup memprihatinkan dan memerlukan solusi tepat agar masalah hukum tidak menghambat proses pembangunan, baik pembangunan fisik maupun pembangunan mental.

Kasi Intel Kejari Magetan Sudi Heriansyah, SH menuturkan, sosialisasi yang dilakukannya bersama Satgas TMMD ke 104 di Desa Poncol saat ini, dinilai penting untuk terus dilakukan  kepada warga, terutama di wilayah pedesaan.

Baca Juga :  Dikucuri Dana BKKD, Desa Pendem Realisasikan Keinginan Warga Buat Jembatan

“Kegiatan pemahaman dan  sosialisasi yang dilakukan ini, dinilai sangat efektif dalam mewujudkan program masyarakat sadar hukum (Kadarkum). Masyarakat harus menyadari hak dan kewajibannya sebagai warga negara”, kata Sudi, Senin (11/3/2019).

Tak hanya itu saja, Kasi Intel Kejari Magetan, juga sangat mengapresiasi keberadaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang melibatkan seluruh pihak dalam memberikan segala pemahaman ke masyarakat.

Baca Juga :  Tetap Siaga, Aparat Gabungan Lakukan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri

Sementara, Dansatgas TMMD 104 Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE menyampaikan, bahwa kegiatan penyuluhan hukum terpadu ini merupakan bagian dari sasaran non fisik kegiatan TMMD yang memberikan pengetahuan hukum kepada masyarakat untuk diaplikasikan didalam kehidupan bermasyarakat yang taat kepada hukum.

“Karena beberapa tindakan, dinilai wajib untuk dihindari oleh masyarakat”, ucapnya.

Baca Juga :  Tertarik Kampung Tangguh Semeru di Magetan, Polda Jatim Kembali Kunjungi Desa Bogoarum

Dikatakan Dansatgas, dirinya juga menghimbau seluruh warga yang berada di lokasi TMMD tersebut, untuk tidak sesekali melakukan tindakan yang dinilai bertentangan, maupun melanggar hukum.

“Terutama, pencurian, kekerasan dalam rumah tangga, penggunaan narkoba dan lain sebagainya. Saya harap, semua warga paham akan aturan-aturan yang sudah diberlakukan itu,” tandasnya. (tsr/ren)

 1,000 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!